Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:47 WIB | Rabu, 18 Oktober 2023

Jokowi Bertemu PM China, Li Qiang, Bahas Kerja Sama Ekonomi

Presiden Joko Widodo melaksanakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Li Qiang yang digelar di Diaoyutai State House, Beijing, RRT, pada Selasa, 17 Oktober 2023. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa China menjadi mitra dagang terbesar Indonesia dan juga menjadi investor terbesar kedua Indonesia.

Jokowi melaksanakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) China, Li Qiang, yang digelar di Diaoyutai State House, Beijing, pada hari Selasa, 17 Oktober 2023. Dalam pertemuan, Presiden Jokowi mengapresiasi kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia-RRT yang berkembang sangat baik dalam 10 tahun terakhir.

Dikatakan, kerja sama anta rkedua negara ini dapat menguatkan kerja sama regional dan internasional dengan perdamaian dan stabilitas menjadi kunci utamanya.

Kerja sama Indonesia-China menyangkut beberapa bidang, termasuk bidang investasi dan infrastruktur, salah satunya di Ibu Kota Nusantara (IKN). “Saya mengapresiasi kerja sama design planning antara Otoritas Ibu Kota Nusantara dan Shenzen, serta minat swasta Chinadi Ibu Kota Nusantara untuk di bidang perumahan dan kesehatan,” katanya.

Jokowi meminta dukungan PM Li Qiang untuk mendorong percepatan realisasi investasi China di IKN, dan rencana penandatanganan MoU untuk pembangunan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara serta realisasi proyek tenaga angin dan tenaga surya.

Dalam bidang perdagangan, Jokowi menyampaikan kepada PM Li Qiang untuk mendukung perluasan akses pangan hingga produk pertanian dan perikanan Indonesia di China. “Saya mengharapkan dukungan Yang Mulia untuk perluasan akses pangan, produk pertanian, dan perikanan Indonesia di China,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home