Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 17:57 WIB | Senin, 19 Mei 2014

Jokowi-JK Daftar Capres-Cawapres, Sempat ricuh

Ketua KPU Husni Kamil Manik menerima berkas pendaftaran Jokowi-JK. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan mantan wakil presiden Jusuf Kalla resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal capres dan cawapres ke Gedung Komisi Pemilihan Umum Pusat, Senin (19/5). Sempat ricuh karena rombongan terlalu banyak.

Jokowi-JK, yang diusung PDIP, Partai Nasdem, PKB dan Partai Hanura, tiba di ruang pendaftaran yang berada di lantai 2 Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) pukul 14.15 WIB dengan berkemeja putih dan celana panjang hitam.

Turut hadir beserta pasangan Jokowi-JK adalah Tjahjo Kumolo, Puan Maharani, Effendi Simbolon, Ferry Mursyidan Baldan, Dossy Iskandar, dan Marwan Jafar.

Kehadiran Jokowi dan Jusuf Kalla sempat membuat kericuhan di ruang pendaftaran karena jumlah anggota rombongan yang dibawa melebihi ketentuan KPU Pusat yaitu paling banyak 20 orang.

"Seharusnya yang boleh masuk ruangan hanya yang memiliki kartu identitas dari KPU, itu maksimal hanya 20 orang," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di Gedung KPU Pusat, Senin.

KPU sendiri membuka masa pendaftaran bakal capres dan cawapres selama tiga hari sejak Minggu (18/5) hingga Selasa (20/5), mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Sementara itu pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dijadwalkan akan mendaftarkan diri ke KPU Pusat Selasa siang pukul 13.00 WIB.

Usai mendaftarkan diri ke KPU, Jokowi dan Jusuf Kalla wajib menjalani rangkaian tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Selasa (20/5), yang direncanakan berlangsung selama delapan jam mulai pukul 07.00 WIB.

"Setelah ini, kami (KPU) meminta Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla untuk berpuasa mulai malam nanti dan besok pagi bisa menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto," kata Komisioner Hadar Nafis Gumay, Senin.

Sementara tim penilai kesehatan memeriksa hasil tes, KPU juga memverifikasi berkas persyaratan administratif bakal pasangan calon, untuk kemudian ditetapkan sebagai capres dan cawapres pada 31 Mei jika memenuhi syarat.

Diantar Rombongan Bersepeda

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) Joko Widodo dan Jusuf Kalla diantar ratusan pendukungnya menggunakan sepeda untuk mendaftarkan diri ke kantor KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta, Senin.

Di antara para pendukung yang mengantarkan pasangan Jokowi-JK ke KPU tampak Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDI Perjuangan, Puan Maharani, yang membonceng sepeda.

Pasangan Jokowi-JK dan rombongan berangkat dari rumah pribadi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar Menteng Jakarta, sekitar pukul 14:00 WIB menuju kantor KPU di Jalan Imam Bonjol Menteng Jakarta.

Saat berangkat dari Jalan Teuku Umar, Puan tampak sering tersenyum dan melambaikan tangannya kepada warga yang menyapa.

Ratusan sepeda yang merupakan rombongan pendukung pasangan Jokowi-JK tampak meramaikan Jalan Teuku Umar dan berbelok ke Jalan Imam Bonjol. Arus lalu lintas sepanjang ruas jalan tersebut menjadi ramai dan padat.

Pasangan Jokowi-JK sebelumnya melakukan deklarasi di Gedung Joang 45 Jalan Menteng Raya Menteng Jakarta sekitar pukul 10:00 WIB.

Deklarasi pasangan tersebut ditandai dengan pernyataan deklarasi yang disampaikan oleh Jokowi dan pasangan tersebut mencium bendera Merah Putih sebagai simbol siap membangun pemerintahan Indonesia. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home