Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 07:52 WIB | Kamis, 22 Mei 2014

Jokowi-JK Hari Ini Jalani Tes Kesehatan

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan), Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo (kanan), Sekjen Partai NasDem Rio Capella (kedua kiri) dan Sekjen PKB Imam Nahrawi (kiri) berbincang saat Rapat Koordinasi Tim Pemenangan Jokowi-JK di DPP Partai NasDem, Jakarta, Rabu (21/5). Salah satu agenda dalam rapat tersebut yakni penunjukan ketua tim kampanye nasional serta komposisi tim pemenangan yang merupakan perwakilan empat parpol yang diwakili 15 orang. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla dijadwalkan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Kamis (22/5) pagi, sebagai persyaratan mengikuti Pilpres 2014, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum.

Hingga saat ini persiapan menyambut Jokowi-Jusuf Kalla terus dilakukan pihak RSPAD Gatot Subroto. 

Para awak media juga sudah tampak berkumpul di RSPAD Gatot Subroto untuk mengabadikan momentum pemeriksaan kesehatan itu. 

Berdasarkan keterangan KPU, pemeriksaan kesehatan terhadap Jokowi-Jusuf Kalla dijadwalkan berlangsung pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Rencananya pihak RSPAD dan tim dokter baru akan memberikan keterangan pers sesaat sebelum pemeriksaan dilakukan. 

Tes kesehatan yang dilakukan terhadap Jokowi dan Jusuf Kalla melibatkan sedikitnya 42 dokter spesialis yang akan memeriksa dan menilai kesehatan para bakal calon presiden dan wakil presiden di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia membentuk Tim Penilai Kesehatan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu 2014 yang dilampirkan dalam Surat Keputusan PB IDI Nomor 1120/PB/A.4/05/2014.
      
"KPU mempercayakan penilaian kesehatan para bakal pasangan calon kepada tim itu. Nantinya, mereka yang akan menentukan apakah bakal pasangan calon itu sehat atau tidak sehingga dapat berpengaruh pada kinerja pemerintahan ketika terpilih nanti," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Jakarta, beberapa waktu lalu.
      
Ketua Umum Pengurus Besar IDI dr. Zaenal Abidin, MH.Kes mengatakan ada 14 tim dokter spesialis dan satu tim psikolog dari RSPAD Gatot Subroto yang disiagakan untuk memeriksa kesehatan pasangan bakal capres dan cawapres.
      
Sebanyak 14 tim dokter spesialis tersebut menguasai bidang penyakit dalam, jantung pembuluh darah, paru-paru, bedah umum, bedah urologi, bedah ortopedi, obstetri dan ginekolog, serta neurologi.  

Selain itu ada pula dokter ahli mata, THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), patologi klinik, patologi anatomi, radiologi, dan kejiwaan.

Adapun pemeriksaan kesehatan untuk pasangan capres-cawapres lainnya, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dijadwalkan akan dilakukan pada Jumat (23/5). (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home