Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 09:20 WIB | Selasa, 29 September 2015

Jumlah Korban Meninggal Tragedi Mina Melesat Jadi 1.100

Jemaah haji melemparkan batu ke pilar yang melambangkan merajam Setan, dalam ritual melempar jumrah di Mina. (Foto: Al Arabiya /AP)

MEKKAH, SATUHARAPAN.COM - Otoritas Pakistan dan India mengatakan jumlah korban jemaah haji yang terinjak-injak di Mina naik menjadi 1.100. Sedangkan yang terluka mencapai 863 jemaah.

Hal ini didasarkan pada informasi yang diberikan oleh Saudi Arabia kepada diplomat asing  berupa foto lebih dari 1.000 orang yang diperkirakan meninggal dalam tragedi Mina itu. Ini mengindikasikan bahwa jumlah korban meninggal lebih besar dari perhitungan sebelumnya.

Tariq Fazal Chaudhry, anggota parlemen Pakistan dari partai yang memerintah, mengatakan, pemerintah Arab Saudi memberikan 1.100 foto korban tewas kepada para diplomat negara-negara asing. Chaudry mengatakan hal itu dalam jumpa pers pada hari Senin (28/9) malam. Menurut dia, foto-foto tersebut dapat dilihat di Kedubes Arab Saudi di berbagai negara di dunia.

"Ini merupakan foto tidak resmi dari mereka yang meninggal untuk dilakukan proses identifikasi," kata Chaudry, sebagaimana dikutip oleh The Guardian.

Hal yang sama disampaikan oleh Menteri Urusan Eksternal India, Sushma Swaraj, pada hari Minggu (27/9). "Pemerintah Saudi telah merilis foto dari 1.090 jemaah yang meninggal pada peristiwa terinjak-injaknya jemaah haji," kata Swaraj lewat akun Twitter.

Diplomat India dan pejabat pemerintah menolak untuk membahas atau menguraikan Tweet Swaraj, pada hari Senin.

Pemerintah Saudi  mengatakan sedikitnya 769 orang tewas ketika dua gelombang besar jemaah haji berkumpul di jalan sempit Kamis lalu (24/9) pada hari-hari terakhir dari ibadah haji tahunan di Mina, dekat kota suci Mekkah. Mereka yang selamat mengatakan orang-orang berkerumun menyebabkan ada yang mati lemas dan akhirnya menginjak-injak satu sama lain.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home