Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 08:34 WIB | Selasa, 29 September 2015

Pidato Obama di PBB Serang Rusia dan Iran

Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat berpidato membahas adopsi agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Sustainable Development Goals Summit yang diselenggarakan sejak tanggal 25 sampai dengan 27 September 2015 di markas besar PBB, New York, Amerika Serikat, Senin (27/9) (Foto: UN Photo/Amanda Voisard)

PBB, AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat Barack Obama naik ke podium di Majelis Umum PBB pada Senin (28/09) untuk mengecam pihak-pihak yang mendukung pemimpin seperti Presiden Suriah Bashar Al-Assad, menuduhnya membantai anak-anak.

Kecaman itu, sebuah serangan langsung terhadap Rusia dan Iran atas dukungan militer mereka kepada rezim Suriah, disampaikan tidak lama sebelum giliran Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato.

Obama mengatakan beberapa negara memilih stabilitas daripada orde internasional yang dimandatkan Piagam PBB, dan mencoba menerapkannya dengan kekerasan.

“Kita diberi tahu bahwa pengurangan semacam itu diperlukan untuk mengalahkan kekacauan, bahwa itu adalah satu-satunya cara untuk menumpas terorisme atau mencegah campur tangan negara asing,” katanya.

“Sesuai dengan logika tersebut, kita harus mendukung tiran-tiran seperti Bashar al-Assad yang menjatuhkan bom barel untuk membantai anka-anak, karena tentunya cara lain berakibat lebih buruk.”

Rusia dan Iran berargumen bahwa negara-negara adidaya harus mendukung rezim Assad, setidaknya sampai pasukan Suriah berhasil mengalahkan ISIS.

Obama menyatakan meskipun begitu dia “sduah siap bekerja sama dengan negara mana pun, termasuk Rusia dan Iran, untuk menyelesaikan konflik itu.”(AFP)
 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home