Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 00:41 WIB | Senin, 30 Juni 2014

Jusuf Kalla Tegaskan Indeks Kemudahan Berusaha

Jusuf Kalla menegaskan pentingnya kemudahan berusaha untuk mengatasi daya saing global. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Calon wakil presiden nomor urut dua (2), Jusuf Kalla menegaskan bahwa indeks yang paling mudah diatasi untuk masalah daya saing global adalah indeks kemudahan berusaha.

“Indeks yang paling mudah adalah indeks kemudahan berusaha,” kata dia dalam Debat Cawapres 2014 dengan tema Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SDM dan Iptek) ketika menanggapi pertanyaan dari cawapres nomor urut satu (1), Hatta Rajasa yang disiarkan oleh stasiun televisi swasta di Jakarta, Minggu (29/6).

“Karena Indonesia, kita tahu semua bahwa kemudahan berusaha itu diatas 100 sekarang kita mau turunkan menjadi 60an untuk mendekati Malaysia yang kira-kira 30-an. Jadi mengingat bahwa kita ingin memperbaiki indeks maka kemudahan berusaha di Indonesia dan izin-izin birokrasi perizinan di kota maupun di desa harus dilakukan.”

Menurutnya, dengan memperbaiki sistem brokrasi di Indonesia akan mengatasi daya saing global saat ini. Selain itu, senada dengan tanggapan dari Hatta Rajasa bahwa infrastruktur juga sangat penting untuk menghadapi daya saing global tersebut.

“Infrastruktur tidak hanya direncanakan, tapi dijalankan,” ujarnya.

Debat Cawapres 2014 yang dimoderatori oleh  Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada Bidang Kerja Sama, Dwikorita Karnawati dan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (29/6).

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home