Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 12:51 WIB | Jumat, 13 Februari 2015

Kabarnya, Jokowi Telepon Novanto Soal Pelantikan BG

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Komisi III Desmond Junaidi Mahesa menuturkan, berdasarkan informasi yang didapatkannya, Presiden Joko Widodo telah menghubungi pemimpin DPR dan menyatakan tidak akan melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sebagai Kepala Kepolisian Repulik Indonesia (Kapolri), pada Rabu (11/2) malam.

"Yang saya ketahui, Presiden Jokowi menelepon Setya Novanto pada Rabu (11/2) malam. Katanya tidak akan melantik Komjen Polisi Budi Gunawan, dan mengusulkan calon Kapolri baru," kata Desmond di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/2).

Desmond pun menguraikan, Wakil Ketua Komisi III Benny Kabur Harman sudah dimintai pendapat hukum atas keputusan yang akan diambil presiden. Secara normatif hukum, lanjut dia, pembatalan tersebut tidak bisa dilakukan Presiden Jokowi.

"Pastilah, normatif hukum tidak bisa dilakukan. Tidak dilantik itu tidak bisa. Dilantik dulu, baru diberhentikan dengan hak prerogratif presiden," kata dia.

Kendati demikin, ia mengaku, jika Presiden Jokowi mengusulkan nama baru untuk calon Kapolri, dipastikan sembilan fraksi yang ada di Komisi III DPR RI akan menolak. "Sembilan fraksi dipastikan menolak usulan Kapolri baru. Komisi III sulit untuk menerima usulan baru itu," kata politisi Partai Gerindra itu.

Selain itu, Ia menambahkan, Komisi III DPR  juga akan menolak pembatalan pelantikan calon Kapolri Komjen Polisi Budi Gunawan itu.  "Harus tetap dilantik. Setelah dilantik kemudian Presiden menggunakan hak prerogatif untuk memberhentikan, itu terserah presiden," kata dia.

Minta Tetap Lantik

Wakil Ketua Komisi III lainnya, Trimedya Panjaitan mengatakaan, DPP PDI Perjuangan tetap meminta Presiden Jokowi untuk melantik  Budi Gunawan sebagai Kapolri. Menurut dia, Presiden Jokowi harus konsisten menjalankan aturan dan UU yang berlaku. Ia menegaskan, Presiden Jokowi harus konsisten dengan nama calon Kapolri yang telah dikirimnya.

"Kalau dibatalkan, kita tunggu arahan. Tapi, kita berharap Presiden Jokowi konsisten dengan apa yang dia usulkan. Sudah kirim nama. Harus konsisten dengan apa yang dia kirim," kata dia.

Terkait konsekuensi dari partai terhadap Jokowi jika tidak melantik Budi Gunawan, seperti menarik dukungan kepada Jokowi, Ia berpandangan, hal tersebut bisa saja terjadi. "Kita belum tahu. Nanti, ada rapat di DPP PDI Perjuangan," ujar dia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home