Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:05 WIB | Rabu, 17 September 2014

Kabut Asap Selimuti Sejumlah Wilayah di Riau

Kebakaran di Riau, sejumlah petugas pemadam kebakaran bersama warga mencoba memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Menpura Kabupaten Siak, Riau, Selasa (16/9). (Foto: Antara)

RENGAT, SATUHARAPAN.COM – Kebakaran hutan dan lahan di Riau yang terjadi pada Selasa (16/9) malam menimbulkan kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah, termasuk daerah Indragiri Hulu (Inhu).

Menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu Provinsi Riau, kabut yang menyelimuti wilayah tersebut masih dalam batas normal dan belum membahayakan kesehatan. Namun warga diminta untuk tetap hati-hati agar kesehatannya tidak terganggu.

Di Kecamatan Rengat dan Rengat bagian barat, jarak pandang berkisar 200 meter. Ketebalan kabut asap ini selain mengganggu pernapasan juga akan mengganggu pengendara sepeda motor.

H. Suhardi Kepala Dinas Kesehatan Inhu pada Rabu (17/9) menjelaskan, untuk mengantisipasi bahaya dampak kabut asap, ia telah melayangkan surat edaran agar setiap Puskesmas dan Pustu (lingkup kecil Puskesmas) siap siaga melayani masyarakat. Stok obat-obatan juga dipastikan masih cukup.

Dalam surat edaran tersebut, Suhardi juga mengimbau Puskesmas untuk tetap membuka pelayanan selama 24 jam. Puskesmas juga diminta untuk berkoordinasi dengan Diskes apabila obat-obatan kurang.

“Kami mengimbau agar masyarakat bisa mengurangi aktivitas di luar rumah, terutama balita dan lansia. Kalaupun keluar hendaknya menggunakan penutup hidung dan mulut,” kata Suhardi.

Pembagian masker menurut Suhardi menyampaikan akan memantau perkembangan asap selama dua hari ke depan. Apabila asap menebal dan berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat, masker akan dibagikan melalui Puskesmas di setiap daerah. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home