Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 18:42 WIB | Minggu, 20 November 2016

Kader PDIP Ingatkan Bangsa Lain Pun Kagum dengan Pancasila

Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait. (Foto: Dok.satuharapan.com/Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dasar negara Pancasila telah membuat Indonesia menjadi negara yang kokoh, solid dan bersatu sehingga membuat bangsa lain pun kagum.

“Pancasila adalah living ideology. Banyak negara lain yang terkagum-kagum dengan Pancasila,” kata Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait dalam keterangan tertulis TMP yang diterima, hari Minggu (20/11).

Maruarar saat menyampaikan sambutan dalam acara jalan sehat dan kirab budaya di Semarang, Jawa Tengah, mengatakan oleh seban itu bangsa Indonesia harus bangga dengan Pancasila dan harus menjaganya.

Selain itu Pancasila jangan hanya dihapal melainkan juga harus dilaksanakan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari Maruarar juga mengingatkan bahwa Pancasila adalah rumah bagi semua warga negara Indonesia.

Ia mengatakan, di rumah Pancasila lah, berbagai warna kulit, beragam etnis, bermacam-macam agama dan ras bisa hidup bersama dengan rasa persaudaran dan gotong royong. Karena itu, Pancasila harus dipertahankan oleh semua warga negara.

“Meski berbeda-beda, kita adalah satu. Bhinneka Tunggal Ika,” kata Maruarar.

Hal kedua yang ditekankan oleh Maruarar, negara Indonesia adalah negara yang demokratis. Pemerintahan Jokowi-JK berhasil membangun negara demokratis secara berkualitas.

Meski pemerintahan Jokowi-JK sangat kuat yang didukung oleh rakyat maupun kekuatan politik di senayan, sebagaimana hasil beragam survei dan meleburnya kekuatan KIH dan KMP, namun hal ini tak membuat pemerintahan menjadi refresif.

Acara jalan sehat dan kirab budaya ini dihadiri sebanyak belasan ribu peserta yang terdiri dari kader kader TMP, warga Semarang dan elemen pemuda yang ada di kota Semarang. Jalan sehat dimulai dari halaman kantor Walikota Semarang dan finish di kantor Gubernur Jawa Tengah. Peserta langsung dilepas oleh Ketua Umum TMP Maruarar Sirait dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi, yang juga Ketua TMP Jawa Tengah. Nampak peserta yang mengikuti kegiatan ini penuh dengan kegembiraan.

Acara ini juga dihadiri banyak elemen pemuda, mahasiswa dan pela jar. Di antara yang hadir adalah dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), GP Ansor, Banser, FKPPI, Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), IPNU, dan IPPNU. (Ant) 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home