Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:19 WIB | Kamis, 13 Agustus 2015

Kadin Apresiasi Langkah Presiden Reshuffle Menteri Ekonomi

Menteri yang dilantik (kiri ke kanan) Darmin Nasution, Rizal Ramli, Pramono Anung, Sofyan Djalil, Luhut Pandjaitan, Thomas Lembong. (Foto: Dok. satuharapan.com/Martahan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyambut baik keputusan Presiden RI Joko Widodo untuk merombak jajaran kabinetnya terutama beberapa menteri ekonomi.

“Ini menunjukkan bahwa pemerintah paham dengan perlambatan ekonomi saat ini dan akan segera mengupayakan solusinya. Itu pesan yang sangat pentingbagi dunia usaha saat ini,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perbankan dan Finansial Roslan Perkasa Roeslani dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Rabu (12/8).

Menurutnya, langkah tersebut meredam rumor dan ketidakpastian reshuffle kabinet yang didengungkan selama dua bulan ini.

Rosan juga menilai bahwa sosok Darmin Nasution merupakan orang yang tepat mengisi tim perekonomian di Kabinet Kerja Jokowi-JK.

"Indonesia saat ini sangat butuh ekonom yang berkelas dunia. Kalau tidak berbagai reformasi yang dilakukan di bidang ekonomi bisa tumpang tindih atau tidak konsisten. Ibarat minum banyak obat tanpa berkonsultasi dengan dokter, Figur Pak Darmin sebagai ekonom senior yang berpengalaman di perpajakan dan moneter pastinya menciptakan harapan positif. Kadin siap bekerjasama membantu tim ekonomi yang baru. Selamat untuk para tokoh yang terpilih."

Presiden Joko Widodo telah melantik enam menteri baru pada Rabu (12/8) di Istana Negara Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Lima nama baru yang mengisi Kabinet Kerja sisa periode 2014-2019 adalah‎ Thomas Lembong yang menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Rachmat Gobel, Darmin Nasution menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil.

Kemudian, Pramono Anung menjadi Sekretaris Kabinet menggantikan Andi Widjajanto, Rizal Ramli mengisi pos Menteri Koordinator bidang Kemaritiman yang ditinggalkan Indroyono Soesilo, serta Luhut Binsar Pandjaitan‎ yang merangkap jabatan sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno.

Sedangkan sosok yang bergeser dari posisi sebelumnya adalah Sofyan Djalil. Nama tersebut dilantik menjadi Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Chaniago.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home