Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 00:32 WIB | Kamis, 28 November 2013

Kadin Mengeluh Banyaknya Mafia Pertambangan

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin)  mengeluhkan banyaknya mafia dalam pertambangan di Indonesia. Oleh karena itu mereka mengusulkan ke Presiden untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk memberantas mafia pertambangan.

Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Rabu (27/11) mengatakan, Satgas ini perlu dibentuk mengatasi masalah di pertambangan. Apalagi saat ini, menurut informasi yang masuk ke Kadin Pusat, banyak mafia pertambangan yang beraksi di wilayah Indonesia dan mencari keuntungan pribadi ataupun kelompok.

Satgas tersebut diharapkan mengatasi keluhan-keluhan yang masuk ke Kadin, terutama dari para pengusaha yang sering terganggu dengan hadirnya para mafia tersebut.

"Kita akan berantas mafia pertambangan. Apabila nantinya kita dapati maka langsung ditindak tegas oleh Satgas tersebut, demi kenyamanan dan kelancaran pertambagan di Indonesia," kata kepada Antara.

pemberantasan mafia ini agar para pengusaha kecil menengah menjadi besar tanpa harus ada gangguan dari mereka. Untuk itu perlu secepatnya dibentuk agar tercipta iklim persaingan yang positif di pertambangan.

"Ada beberapa wilayah pertambangan yang menjadi sorotan kita, dan wilayah tersebut sudah banyak laporan yang masuk, kata dia. Kadin juga telah mengajukan Ombudsman Ekonomi kepada Presiden untuk menangani setiap laporan dan pengaduan terkait permasalah ekonomi.

Ombudsman tersebut sebagai naungan bagi para pengusaha atau masyarakat ekonomi kecil yang merasa usahanya terjepit karena ulah seseorang atau pemerintah, sehingga bisa melapor dan mengadu ke lembaga tersebut.

"Anggota Ombudsman Ekonomi dan Satga Pemberantasan Mafia Pertambangan itu di antaranya Kejaksaan, Polri serta lembaga pemerintah lain,"  kata dia.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home