Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:46 WIB | Selasa, 11 November 2014

KAI: Anak Usia 0-3 Tahun Gratis

"Kebijakan ini untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang yang membawa anak kurang dari tiga tahun."
Anak usia 0 - 3 tahun tidak dikenakan biaya naik kereta api. (Foto: Francisca Christy Rosana)

PURWOKERTO, SATUHARAPAN.COM - Mulai 15 Desember mendatang, PT Kereta Api Indonesia akan menggeratiskan biaya tiket untuk anak-anak usia 0 - 3 tahun. 

"Kami mulai 15 Desember akan memberlakukan peraturan baru terkait tarif untuk penumpang anak-anak, yakni untuk satu penumpang dewasa yang membawa satu anak dengan usia kurang dari tiga tahun, anak itu tidak dikenakan biaya atau gratis," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Jawa Tengah pada Selasa (11/11).

Kendati demikian, Surono menjelaskan ketentuan itu berlaku jika anak yang berusia kurang dari tiga tahun tidak mengambil tempat duduk sendiri.

Jjika penumpang menghendaki anaknya mengambil tempat duduk sendiri di dalam KA, kata dia, anak itu tetap akan dikenakan tarif sama dengan penumpang dewasa.

"Kebijakan ini untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang yang membawa anak kurang dari tiga tahun. Selama ini untuk semua penumpang anak kurang dari tiga tahun dikenakan tarif 10 persen dari harga tarif dewasa," katanya. 

Meskipun untuk anak usia kurang dari tiga tahun yang pertama tidak dikenakan tarif, dia mengatakan bahwa untuk KA jarak menengah dan jauh penumpang anak tersebut tetap wajib memiliki tiket. 

Dalam hal ini,  penumpang yang membawa satu anak usia kurang dari tiga tahun menyerahkan tiket penumpang dewasanya ke petugas loket. 

Menurut Surono, petugas loket selanjutnya akan mencetak tiket bayi untuk anak tersebut dengan tarif Rp 0,-.

Sementara itu, untuk KA jarak dekat atau lokal, anak usia di bawah tiga tahun yang pertama tidak dikenakan biaya dan tidak perlu menggunakan tiket. 

"Misalnya untuk KA Pramex, bagi anak di bawah tiga tahun yang pertama gratis dan tidak pakai tiket, sedangkan anak kedua dan seterusnya dikenakan tarif dewasa," katanya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home