Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:27 WIB | Sabtu, 04 Januari 2020

Kamera Rekam Ghosn Meninggalkan Rumah

Mantan CEO Nissa, Carlos Ghogn. (Foto: Ist)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Sebuah kamera pengintai menangkap mantan bos Nissan Motor & Co, Carlos Ghosn, meninggalkan kediamannya di Tokyo sesaat sebelum pelariannya yang mengejutkan dari Jepang, kata penyiaran publik Jepang, NHK pada hari Jumat (3/1), mengutip sumber investigasi.

Rekaman keamanan diambil oleh kamera yang dipasang di rumahnya di pusat Tokyo sekitar tengah hari pada hari Minggu, dan rekaman kamera itu tidak menunjukkan dia kembali ke rumah, kata NHK.

Ghosn telah menjadi buron internasional setelah ia mengungkapkan pada hari Selasa (31/12) bahwa ia telah melarikan diri ke Lebanon untuk melarikan diri dari apa yang ia sebut sistem peradilan "curang" di Jepang. Dia menghadapi dakwaan terkait dengan dugaan kejahatan keuangan di pengadilan Jepang.

NHK mengatakan polisi menduga Ghosn mungkin telah meninggalkan rumahnya untuk bertemu dengan seseorang sebelum menuju bandar udara. Menurut ketentuan jaminannya, Ghosn diharuskan memasang kamera keamanan di pintu masuk rumahnya.

Lbanon juga menyebutkan telah menerima surat perintah penangkapan dari Interpol untuk Ghosn pada hari Kamis (2/1) sementara Turki telah meluncurkan investigasi atas pelariannya dari Jepang, melalui Istanbul. Turki telah menahan beberapa orang yang diduga membantu pelarian Gosn di Turki.

Beberapa media Lebanon, menurut Reuters, telah melayangkan akun Houdini seperti Ghosn yang dikemas dalam wadah kayu untuk alat musik setelah konser pribadi di rumahnya, tetapi istrinya menyebut akun itu "fiksi."

Ghosn sendiri tampaknya akan mengungkapkan tentag pelariannya dari Jepang ke Lebanon, dan juga kasus hukumnya di Jepang. Dia, menurut pengacaranya, akan mengadakan konferensi pers di Beirut pada 8 Januari, kata seorang pengacara untuk Ghosn mengatakan pada hari Rabu (1/1) dikutip Reuters.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home