Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 17:36 WIB | Rabu, 09 September 2015

Kampanye Pria Baik Pemerintah dan UNFPA Kurangi KDRT Kamboja

Ry Chan mengungkapkan ia menggunakan kelakuannya pada sang istri pertama sebagai fakta yang sangat ia sesali. Kini, ia menjadi inspirasi perubahan bagi para laki-laki di desanya di Kamboja. (Foto: UNFPA Cambodia/Sophanara Pen)

SATUHARAPAN.COM – Ry Chan, seorang ayah yang lembut di pertengahan 30-an, pernah menjadi pelaku kekerasan dalam rumah tangga. Waktu itu, ia percaya bahwa “seorang perempuan layak dipukul ketika melakukan kesalahan,” ia dengan penuh sesal mengisahkannya kepada UNFPA (United Nations Population Fund) di rumahnya di Kampung Leng Kabupaten Kamboja.

Ry Chan dibesarkan di Damnak Kokoh, sebuah desa terpencil yang bahkan sampai hari ini punya infrastruktur yang buruk yang menghambat akses terhadap pendidikan berkualitas dan pelayanan sosial. “Saya lahir di sini dan sudah terbiasa dengan tradisi bahwa pria melakukan pekerjaan berat di luar rumah, sedangkan perempuan melakukan pekerjaan rumah tangga dan merawat anak-anak,” katanya, bersandar di dinding yang terbuat dari daun kelapa dan bambu.

Dalam penilaian 2013 yang dilakukan oleh UNFPA—lembaga PBB yang mendukung kesetaraan dan kesehatan anak-anak dan perempuan—dan mitra PBB, hampir 60 persen pria Kamboja yang disurvei mengatakan seorang perempuan harus menoleransi kekerasan dalam rumah tangga untuk menjaga keutuhan keluarga. Sebanyak 28 persen percaya bahwa ada saat-saat ketika seorang perempuan layak dipukul.

Ide-ide tradisional tentang peran gender yang meresap di Kampong Leng District, dengan infrastruktur tetap ketinggalan. (Foto: UNFPA Kamboja/Sophanara Pen)

Menantang Norma Sosial yang Sudah Lama Dipegang

“Hal ini biasa bahwa ada pertengkaran atau perbedaan pendapat dalam rumah tangga, masalah anak-anak dan hal-hal kecil lainnya, tapi ini kembali normal lagi beberapa jam kemudian karena mereka adalah pasangan,” kata Ry Chan. Dia tahu hal-hal ini sekarang, tapi ketika ia menikah dengan istri pertamanya, ide-ide itu tidak biasa.

Dia melakukan kekerasan terhadap istrinya, ia mengakui. Ini adalah kesalahan dia tidak bisa dibatalkan. Istrinya meninggal beberapa tahun yang lalu dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. “Jika saya bisa kembali ke masa lalu, saya tidak akan berdebat dengan istri saya. Sebaliknya, saya akan mencintai dan menghormatinya lebih,” katanya.

Ry Chan belajar bahwa ada cara lain ketika ia menghadiri sesi masyarakat yang dilakukan di desanya oleh Kampanye Pria Baik (Good Men Campaign).

Kampanye nasional, yang dijalankan oleh Kementerian Urusan Perempuan dengan dukungan UNFPA, membantu Kamboja menantang norma gender yang berbahaya, yang membatasi keterlibatan perempuan dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Norma ini juga membuat perempuan rentan terhadap pelecehan dan eksploitasi. Dengan menggarisbawahi pentingnya kesetaraan gender dan mendorong orang untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan, kampanye mengubah perilaku para laki-laki pada tiap tingkat.

Dalam empat tahun, Kampanye Pria Baik telah mencapai lebih dari tiga juta orang, lebih dari setengah dari mereka laki-laki, melalui berbagai kegiatan, termasuk mobilisasi sosial, game ponsel, drama radio, panel televisi, drama komunitas, parade dan materi pendidikan. Kementerian Urusan Perempuan juga menambah lokakarya tentang kekerasan berbasis gender untuk personel berseragam dan anggota masyarakat.

Hari ini, Ry Chan ingin menjadi model peran untuk tiga anaknya. (Foto: UNFPA Kamboja)

Banyak bocah laki-laki dan laki-laki muda telah menerima pesan-pesan ini, kata Marc Derveeuw, Perwakilan UNFPA di Kamboja. “Mereka diharapkan akan tumbuh menjadi orang dewasa dengan rasa yang lebih besar tanggung jawab dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan yang bebas dari kekerasan berbasis gender dalam negeri dan lainnya.”

Perubahan Inspiratif

Adapun Ry Chan, ia tidak hanya menyerap pelajaran ini—ia mengajar mereka kepada orang lain.

“Chan sangat aktif dalam semua sesi kami,” kata Kong Chantha, anggota dewan lokal untuk isu-isu perempuan dan anak-anak. “Dia berbicara dan menginspirasi orang lain di desanya untuk membahas masalah dengan istri mereka untuk menentukan dan menyepakati peran dan tanggung jawab ... dalam keluarga.”

Hari ini, dia adalah pria keluarga yang setia. Dia memiliki dua anak dari pernikahan pertamanya, anak laki-laki dan perempuan. Dan, tahun lalu ia menikah dengan seorang janda, Soeun Savy, dengan seorang putra.

Ry Chan ingin menjadi panutan bagi anak-anak, dia mengatakan UNFPA. Saat ia berbicara, istrinya duduk di dekatnya, merajut jaring ikan dan bermain dengan tiga anak mereka.

“Silakan bertanya istri saya bagaimana perilaku saya terhadap dia dan anak-anak kami,” katanya. “Kami selalu membahas perbedaan-perbedaan kami untuk menemukan solusi yang lebih baik ketika kami tidak setuju pada isu tertentu. Bertengkar membuang waktu dan menghancurkan kebahagiaan keluarga.” (unfpa.org)

Ikuti berita kami di Facebook

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home