Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 20:48 WIB | Sabtu, 19 Juni 2021

Kapal Otonom Mayflower Kembali ke Inggris Karena Kerusakan

Foto bertanggal Senin, 14 September 2020 menunjukkan teknisi menurunkan Kapal Otonom Mayflower ke dalam air di lokasi peluncurannya untuk tamasya pertama di atas air sejak dibangun di Turnchapel, Plymouth barat daya Inggris. Empat abad dan satu tahun setelah Mayflower berangkat dari Plymouth, Inggris dalam perjalanan laut bersejarah ke Amerika, kapal perintis lain dengan nama yang sama telah berangkat untuk menelusuri kembali perjalanan tersebut. Ini sedang diujicobakan oleh teknologi kecerdasan buatan yang canggih untuk penyeberangan trans Atlantik yang bisa memakan waktu hingga tiga pekan, dalam sebuah proyek yang bertujuan untuk merevolusi penelitian kelautan. IBM, yang membangun kapal dengan organisasi riset kelautan nirlaba ProMare, mengkonfirmasi Kapal Otonom Mayflower memulai perjalanannya hari Selasa (15/6) pagi. (Foto: dok. AP/Alastair Grant)

PLYMOUTH, SATUHARAPAN.COM-Mayflower, kapal otonom yang dikemudikan dengan kecerdasan buatan, mungkin akan menjadi kapal pertama yang menyeberangi Samudera Atlantik.

Perjalanan kapal ini mengingatkan pada perjalanan lautnya yang luar biasa ke Amerika lebih dari 400 tahun yang lalu dari Plymouth di Inggris ke Plymouth di Amerika Serikat.  Namun yang sekarang didukung kecerdasan buatan, dan memiliki beberapa gangguannya sendiri.

Sebuah trimaran robotik ramping yang menelusuri kembali perjalanan tahun 1620 dari kapal Inggris yang terkenal itu, terpaksa harus kembali pada hari Jumat (18/6) untuk memperbaiki masalah mekanis.

Organisasi riset kelautan nirlaba ProMare, yang bekerja dengan IBM untuk membangun kapal otonom, mengatakan telah membuat keputusan untuk kembali ke pangkalan "untuk menyelidiki dan memperbaiki masalah mekanis kecil" tetapi berharap untuk kembali dalam perjalanan trans-Atlantik sesegera mungkin.

Masalahnya, tanpa manusia di atas kapal, tidak ada yang melakukan perbaikan saat berada di laut.

Dikemudikan oleh teknologi kecerdasan buatan, Kapal Otonom Mayflower sepanjang 50 kaki (15 meter) memulai perjalanannya hari Selasa (15/6) pagi, berangkat dari Plymouth, Inggris, dan menghabiskan beberapa waktu di Kepulauan Scilly sebelum menuju perairan yang lebih dalam.

Seharusnya memakan waktu hingga tiga pekan untuk mencapai Provincetown di Cape Cod sebelum mencapai Plymouth, di Massachusetts. Jika berhasil, itu akan menjadi kapal otonom terbesar yang melintasi Atlantik.

Ada beberapa preseden sejahar untuk kerusakan tersebut: Mayflower asli yang membawa pemukim Pilgrim ke New England seharusnya berlayar pada musim panas tahun 1620 tetapi dua kali kembali ke Inggris, karena masalah kebocoran yang mempengaruhi kapal saudaranya, Speedwell. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home