Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:46 WIB | Jumat, 22 November 2013

Kapolda Amankan Bangkai Kapal Selam Eks PD II di Karimunjawa

Kapal Selam Jerman U-Boat pada masa Perang Dunia II. (Foto: dari telegrapf.co.uk)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM - Kawasan di sekitar bangkai kapal selam di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, akan diamankan pihak Kepolisian Daerah Jawa Tengah. Kapal selam jenis U-Boat milik Jerman yang merupakan temuan Pusat Arkeologi Nasional dan tenggelam tidak jauh dari perairan Kepulauan Karimunjawa.

"Saya sudah instruksikan agar diamankan. Prinsipnya, kalau termasuk benda bersejarah akan diamankan, jangan sampai dicuri," kata Kapolda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Dwi Priyatno di Semarang, Jumat (22/11).

Menurut dia, kepolisian sudah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan yang berkaitan dengan penemuan kapal selam tersebut. Dia menuturkan lokasi penemuan kapal selam tersebut juga cukup jauh, sekitar 10 Kilometer dari Kepulauan Karimunjawa.

"Memang belum ada permintaan resmi, namun kami tetap tempatkan anggota untuk mengantisipasi masuknya orang-orang yang tidak bertanggung jawab," kata dia.

Sebelumnya, Pusat Arkeologi Nasional menemukan kapal berbentuk tabung di dasar Laut Jawa yang ternyata kapal selam jenis U-Boat milik Jerman. Kapal tersebut diduga sebagai peninggalan Perang Dunia II. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home