Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:51 WIB | Selasa, 19 Desember 2017

Kartu Natal Terkecil di Dunia

Kartu Natal terkecil. (Foto: NPL/au.news.yahoo.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Para ilmuwan Inggris mengumumkan telah menciptakan apa yang diyakini sebagai kartu Natal terkecil di dunia. Mereka mengatakan kartu itu sangat kecil sehingga lebih dari 200 juta kartu dapat muat ke dalam satu perangko pos standar.

Kartu itu diciptakan oleh para peneliti dari Laboratorium Fisika Nasional (NPL), yaitu institut baku ukuran Inggris terbesar yang terletak di Kota London bagian tenggara. NPL, seperti diberitakan kantor berita Jepang NHK, dikenal atas pengembangan bahan-bahan canggih dan menjadi pelopor penelitian semikonduktor.

Daily Mail menyebutkan, dua peneliti yang menciptakan kartu Natal terkecil itu, Dr David Cox dan Dr Ken Mingard, mengklaim kartu Natal itu sepuluh kali lebih kecil daripada kartu Natal terkecil sebelumnya.  

NPL mengatakan setiap halaman kartu Natal tersebut berukuran lebar 15 mikrometer dan panjang 20 mikrometer. Satu mikrometer adalah sepersejuta meter.

Kartu Natal yang dibuat dari silicon nitride membrane berlapis platinum itu bergambar orang-orangan salju, namun tentu saja sulit dilihat dengan mata telanjang.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home