Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:21 WIB | Sabtu, 16 Agustus 2014

Keamanan Ketat Jaga Misa Paus Fransiskus di Seoul

Paus Fransiskus melambaikan tangan sebelum menuju Stadion Piala Dunia Daejeon untuk memimpin misa pada hari raya Maria diangkat ke Surga pada 15 Agustus 2014. Paus Kamis (14/8) tiba di Korea Selatan untuk kunjungan lima harinya. (Foto: yonhap.co.kr)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM  ̶  Penjagaan keamanan ketat dilakukan di sekitar pusat kota Seoul untuk mencegah ancaman saat sekitar satu juta orang berkumpul untuk menghadiri misa akbar terbuka yang dipimpin Paus Fransiskus, Sabtu (16/8).

Jendela-jendela kantor yang menghadap plaza Gwanghwamun, jalan raya yang digunakan untuk melangsungkan upacara penting di ibu kota Korea Selatan, ditutup dan penembak jitu ditempatkan di atas atap dan 30.000 polisi dikerahkan untuk mengamankan acara tersebut.

Misa yang akan dilakukan Paus Fransiskus untuk beatifikasi 124 martir Korea itu menjadi inti dari kunjungan lima harinya ke Korea Selatan, perjalanan pertama paus ke Asia dalam 15 tahun.

Tiga jam sebelum acara dimulai pada pukul 10:00 waktu setempat, jalan besar Gwanghwamun sudah dipadati kerumunan hingga satu kilometer ke utara City Hall.

Beberapa orang sudah datang sejak pukul 03:30 pagi waktu setempat, dan menghabiskan waktu dengan membaca Alkitab dalam kelompok-kelompok kecil.

Beberapa layar raksasa di sekitar panggung utama menunjukkan potret para martir yang akan dibeatifikasi.

Hanya 200.000 orang, sebagian besar dari mereka anggota kelompok gereja yang sebelumnya terdaftar untuk acara tersebut, diizinkan melewati detektor logam dan pemeriksaan ID untuk memsuki keamanan sepanjang 4,5km yang ditempatkan di sekitar alun-alun utama.

Warga lainnya memadati jalan-jalan di sekitarnya, mengandalkan layar plasma besar untuk mengikuti upacara tersebut. (Ant)

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home