Loading...
INSPIRASI
Penulis: Novi Anggraeni 01:00 WIB | Minggu, 18 Mei 2014

Kekuatan Sentuhan Tangan

Kekuatan Sentuhan (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Ketika saya mendampingi Papa pada saat kritis sebelum dibawa ke rumah sakit dan akhirnya dipanggil Tuhan, dengan napasnya yang tersengal-sengal, saya melihat beliau seperti sedang mencari sesuatu. Sontak saya pun bertanya, ”Papa nyari apa?”

Beliau menggumamkan sesuatu. Tetapi saya tidak dapat mengerti karena tidak jelas. Rupanya Papa mencari tangan saya. Setelah dapat, Papa memegang tangan saya erat-erat. Mungkin Papa hanya ingin memastikan bahwa beliau tidak sendirian pada saat-saat seperti itu.

Dalam bukunya yang berjudul Songs in the Night (edisi Indonesia: Penghiburan dalam Kesusahan), Margaret P. Zelinka mengisahkan tentang seorang perempuan di Stokholm yang jatuh di jalanan sewaktu mengejar bis. Malangnya, pada saat yang bersamaan lewatlah sebuah mobil lain sehingga ia terperangkap di antara roda belakang dan roda depan. Sambil menunggu kedatangan mobil derek yang harus mengangkut mobil itu agar dapat melepaskannya, orang banyak berkerumun di sekitar tempat kecelakaan tersebut.

Tiba-tiba seorang laki-laki bergegas menerobos kerumunan itu dan langsung meniarap ke arah perempuan yang terjepit di bawah mobil tersebut serta mengulurkan tangannya kepada perempuan yang ketakutan itu sambil berkata, ”Ini, peganglah tanganku.”

Perempuan tersebut memegang tangan laki-laki itu dan rasa takutnya berangsur-angsur hilang sehingga terhindar dari kepanikan yang justru bisa membahayakan nyawanya. Setelah mobil derek tiba dan perempuan itu berhasil diselamatkan, ia berkata, ”Saya tak pernah menyangka sebelumnya bahwa sentuhan tangan bisa begitu besar artinya.”

Dalam masa kesukaran dan penderitaan, kita tentu merindukan sentuhan tangan yang mampu menopang dan menghibur kita. Namun, sudahkah kita menyadari bahwa Allah senantiasa mengulurkan tangan-Nya? Sadarkah kita bahwa sentuhan tangan penuh kasih yang menguatkan kita adalah representasi dari uluran tangan-Nya sendiri?

Jika kita sudah pernah merasakan indahnya uluran tangan-Nya, jangan ragu untuk mengulurkan tangan kita untuk membantu orang lain. Karena sentuhan tangan memang memiliki kekuatan.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home