Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 05:36 WIB | Senin, 14 Oktober 2013

Kelurahan Tangki, Kampung Artis, Kebakaran

Ilustrasi. (Foto: jakbar.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sembilan rumah dan 17 petak indekos di Jalan Mangga Besar IX, Gang, Kelurahan Tangki, Jakarta Barat hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa maupun luka pada peristiwa ini.

"Kebakaran masih ditangani, ada 28 unit mobil pemadam yang dikerahkan," kata petugas Sudin Damkar Jakarta Barat Darman ketika dihubungi di Jakarta, Minggu. "Laporan kebakaran datang pada pukul 18.35 WIB," kata Darman.

Petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api di wilayah padat penduduk tersebut.

Dalam peristiwa tersebut, tiga rumah berada di RT 15 RW 4 serta enam rumah di RT 2 RW 1 serta 17 petak indekos. Dugaan sementara kebakaran diduga berasal dari hubungan arus pendek.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Sukendar Mulya mengatakan, lokasi kebakaran berada sekitar 30 meter dari rel layang antara Stasiun Jayakarta dan Stasiun Mangga Besar. "Karena angin kencang di sekitar lokasi kebakaran, maka perjalanan KRL dari Jakarta Kota yang seharusnya lewat rel layang terpaksa dialihkan lewat Stasiun Kampung Bandan-Tanah Abang-Manggarai," ujarnya.

Dahulu Dikenal Sebagai Kampung Artis

Posisi kampung seluas 3.749 meter persegi itu persis di belakang Taman Hiburan Rakyat (THR) Lokasari yang pada zaman Belanda dulu bernama Princen Park.

Kampung Tangkiwood pernah mashyur pada 1950-an. Tapi, keberadaannya sebagai lumbung artis dan pemeran figuran mulai meredup pada pengujung 1970-an.

Dahulu, sana pernah tinggal artis-artis terkenal pada zamannya.

Di antaranya, Tan Tjeng Bok atau yang dikenal dengan nama panggung Pak Item, Wolly Sutinah alias Mak Wok, Netty Herawati, dan Misbach Jusa Biran. Ada juga Bing Slamet, Eddy Sud, Ateng, dan Ishak, anggota kelompok pelawak Kwartet Jaya.

Musisi kondang Idris Sardi juga lahir dan besar di Kelurahan Tangki. Aminah Cendrakasih yang berperan sebagai enyak si Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan juga tinggal di sini.

Sayang, nama-nama kondang di dunia perfilman yang menghidupkan daerah yang dikenal dengan nama Tangkiwood tersebut sudah tiada. Baik karena telah meninggal maupun memilih tinggal di tempat lain. Hanya tersisa satu nama artis yang menghuni Kampung Tangkiwood, yaitu Laela Sari. (Antara dan berbagai sumber)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home