Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:18 WIB | Selasa, 27 Januari 2015

Kemendag Upayakan Ekspor Naik Hingga 300 Persen

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (kiri) didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) dalam rapat kerja Kementerian Perdagangan di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Selasa (27/1). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menyatakan akan berupaya menaikkan  ekspor hingga 300 persen dan menguatkan pasar domestik Indonesia.

“Indonesia punya peluang meningkatkan ekspor senilai 300 persen,” kata Rachmat dalam konferensi pers di sela-sela acara Rapat Keja Kementerian Perdagangan: Strategi Merebut Pangsa Pasar Ekspor dan Memperkuat Pasar Dalam Negeri di Kantor Kemendag Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Selasa (27/1).

Menurutnya angka 300 persen itu harus dicapai hingga 2019 mendatang untuk menguatkan pasar domestik di Indonesia. Dia optimis  jika angka tersebut sudah tercapai,  pemerintah akan membangun infrastruktur seperti perbaikan jalan, pelabuhan, bandara dan pengadaan listrik 35000 megawatt.

Kedaulatan pangan yang akan diupayakan oleh Kementerian Pertanian juga menjadi hal yang bisa diraih dan bersinergi dengan harapan Presiden Joko Widodo dalam janji kampanyenya.

Optimisme lain yang akan diraih menurut Gobel adalah upaya pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan mampu mendongkrak ekspor ikan, udang dan lobster lebih tinggi lagi.

Menurutnya Indonesia memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh negara ASEAN lainnya yaitu pasar Indonesia yang besar.

“Pasar Indonesia yang besar ini adalah sesuatu yang harus kita jaga. Tentunya pasar Indonesia yang besar ini harus diimbangi dengan suatu negara industri dan oleh karena itu kita harus membangun masyarakat industri. untuk membangun masyarakat industri kita harus memberikan standar nasional industri.”

Dalam membuat standar nasional industri, Kemendag akan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan beberapa kementerian yang lain untuk melakukan pembinaan pembangunan supaya barang yang masuk ke Indonesia bukan barang yang berkualitas rendah.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home