Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:58 WIB | Minggu, 26 April 2015

Kemlu: 34 WNI di Nepal Dicari, 17 Orang Selamat

Salah satu korban, di Kathmandu, Nepal Sabtu (25/4). (Foto: reuters.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Luar Negeri mengidentifikasi ada sekitar 34 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Nepal, saat terjadinya gempa berskala 7,8 skala richter pada Sabtu (25/4). Sejauh ini, baru 17 orang terkonfirmasi selamat dari musibah tersebut.

"Sejauh ini 17 WNI diketahui dalam kondisi selamat. Sementara sisanya masih akan terus dilakukan upaya pencarian," kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal dalam siaran pers yang diterima satuharapan.com, di Jakarta, Minggu (26/4.

Dia menjelaskan, sebanyak 34 WNI yang berada di Nepal tersebut terdiri dari 18 orang memang menetap di Nepal, sementara 16 orang tengah berkunjung ke Nepal, termasuk di antaranya WNI yang tengah mendaki Gunung Everest.

Guna mendapat kepastian terkait kondisi WNI yang hingga saat ini belum diketuhui kabarnya, Kemlu lewat Konsul Kehormatan Indonesia di Kathmandu telah melakukan monitor dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Nepal.

"Kami tidak memiliki KBRI di Nepal sehingga upaya penanganan ditangani oleh KBRI di Dhaka, Bangladesh, melalui Konsul Kehormatan Indonesia di Kathmandu", ujar Lalu.

Gempa bumi yang terjadi di Nepal telah menewaskan sekitar 2.000 orang. Getaran akibat kuatnya gempa itu dirasakan hingga ke Bangladesh, Pakistan, dan India.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home