Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:04 WIB | Selasa, 16 Februari 2016

Kendrick Lamar Menangkan Grammy untuk Best Rap Album

Kendrick Lamar menangkan Grammy untuk best rap album. (Foto: rap-up.com)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN. COM - Kendrick Lamar, pada Senin (15/2) memenangkan penghargaan Grammy untuk Best Rap Album lewat To Pimp a Butterfly.

Kemenangan tersebut, adalah kemenangan kelima dari 11 nominasi dalam malam penghargaan itu, sebuah penghargaan bagi popularitas Lamar, yang secara kontroversial datang kembali ke belantika musik tanpa prestasi apa pun pada dua tahun lalu.

Saat menerima penghargaan itu dari legendaris rap Ice Cube, Lamar (28) memuji pengakuan yang semakin besar terhadap genre musik yang diusungnya.

"Ini untuk hip-hop," katanya. "Ini untuk Snoop Dogg Doggystyle. Ini untuk IllMatic. Ini untuk Nas. Kami akan hidup selamanya,” kata Lamar, seperti yang diberitakan Antara/AFP

Dalam pidatonya, ia juga mengucapkan terima kasih orang tuanya dan tunangannya, Whitney Alford.

"Semua kemuliaan bagi Tuhan, itu sudah pasti," katanya.

Kendrick mengucapkan terima kasih labelmates dan CEO perusahaan, Anthony "Top Dawg" Tiffith.

Lagu To Pimp a Butterfly berkisah tentang perjuangan rapper tersebut saat ia menyesuaikan diri dengan ketenaran.

Lamar menggambarkan, situasi nasional di tengah kekhawatiran yang kian meningkat atas insiden penembakan mematikan terhadap warga keturunan Afrika-AS, yang dilakukan oleh kepolisian, dengan lagu Alright menjadi lagu bagi gerakan protes Black Lives Matter.

Kendrick Lamar Duckworth menurut wikipedia.org, lahir 17 Juni 1987, adalah rapper Amerika dari Compton, California. Lamar memulai karier musiknya sejak remaja di bawah manajemen musik moniker K-Dot, merilis mixtape dan menjadi terkenal  dan dia mulai dipercaya dibawah label rekaman independen Top Dawg Entertainment (TDE).

Lamar mulai mendapatkan pengakuan besar pada 2010 setelah rilis album pertamanya, Over Dedicated. Tahun berikutnya, ia merilis Section 80, album pertama independen, secara eksklusif melalui iTunes. Pada saat itu, Lamar telah banyak memperoleh follower lewat internet, dan sudah bekerja dengan beberapa artis terkemuka dalam industri hip hop, termasuk The Game, Snoop Dogg, dan Busta Rhymes.

Lamar telah menerima sejumlah penghargaan, termasuk tujuh Grammy Awards. Terlepas dari karier solonya, Lamar juga dikenal sebagai anggota dari West Coast hip hop supergrup Hitam Hippy, bersama labelmates TDE dan sesama rapper berbasis Angeles Selatan Los Ab-Soul, Jay Rock and anak sekolah Q.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home