Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 08:15 WIB | Minggu, 03 Juli 2016

Kepadatan Tol Cikampek Menurun

Ilustrasi. Pintu masuk tol Cikopo-Palimanan. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

BEKASI, SATUHARAPAN.COM – Kepadatan kendaraan yang melintasi jalan Tol Cikampek menuju Tol Cikopo-Palimanan pada Sabtu (2/7) malam sampai Minggu (3/7) dini hari menurun dibanding Jumat (1/7) malam yang diperkirakan merupakan puncak arus mudik.

Seperti yang dikutip dari Antara, walaupun ada penurunan jumlah kendaraan tetapi antrean kendaraan masih mengular sejak Pondok Gede sampai Gerbang Tol Cikopo, sehingga kendaraan hanya bisa bergerak dengan kecepatan 10 sampai 30 kilometer per jam.

Perlu waktu tempuh 2,5 jam untuk bergerak dari kilometer 5 sampai kilometer 40, selepas Rest Area Km 39. Namun, selepas itu mobil bisa melaju antara 20 sampai 40 kilometer per jam.

Sampai pukul 01.00 WIB, dua rest area di Km 19 dan Km 33 sempat ditutup petugas karena sudah terlalu penuh sehingga pemudik baru bisa istirahat di Rest Area 39.

Petugas Pos Pam Rest Area 39 Ipda Odo Supendi mengakui, kepadatan arus kendaraan mudik, Sabtu malam berkurang sekitar 30 persen, sehingga juga berpengaruh pada kendaraan yang masuk tempat istirahat.

"Jumat kemarin kami tidak bisa istirahat karena terus mengatur arus lalu lintas sampai pukul lima pagi, sekarang ini lebih santai," kata petugas dari Polres Bekasi itu.

Walaupun demikian, kepadatan di ruas Cikopo-Palimanan masih tetap tinggi sehingga petugas di Pintu Tol Cikarang Utama menyarankan agar pemudik menggunakan jalur Pantura untuk menghindari kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan yang rata-rata hanya bisa bergerak 30 kilometer per jam.

"Lebih baik keluar tol sebelum Cikopo karena antrean di sana cukup panjang dan melelahkan," kata petugas lalu lintas di Gardu Cikarang Utama.

Sejumlah pengendara yang ditemui di Rest Area 57 mengatakan, mereka tetap akan menggunakan jalur tol karena yang penting situasi arus lalu lintas di tol tidak macet total.

"Kalau masih bergerak seperti sekarang, saya tetap lanjut, kecuali di Pejagan-Brebes yang akan kita hindari karena infonya macet parah," kata Rohmadi, yang akan mudik ke Demak, Jawa Tengah.

Secara umum, Sabtu malam situasi arus lalu lintas sepanjang Tol Jakarta-Cikopo, terpantau cukup lancar dan tidak terlihat adanya gangguan seperti kecelakaan yang fatal.

Seperti diberitakan sebelumnya puncak mudik di Tol Jakarta-Cikampek terjadi Sabtu atau H-4 kemarin dimana Petugas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Cabang Bekasi, Jawa barat mencatat ada 117.807 ribu melintas atau naik 32 persen dari lalu lintas normalnya 89.342 ribu kendaraan.

Kemarin sempat dilakukan rekayasa lalu lintas dengan membuka jalur lawan arah (contra flow) pada km 32 hingga 41, namun Sabtu (2/7) malam lawan arah itu dihentikan karena sudah terjadi penurunan kepadatan kendaraan. (Ant)

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home