Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 17:25 WIB | Rabu, 13 Mei 2015

Kereta Amtrak AS Tergelincir, 5 Orang Meninggal

Kereta Amtrak menuju New York mengalami kecelakaan saat beradai di Philadelphia, Selasa (12/5) waktu setempat. (foto: nypost.com)

PHILADELPHIA, SATUHARAPAN.COM – Sedikitnya lima orang dilaporkan meninggal dan puluhan lainnya terluka akibat kereta penumpang Amtrak tergelincir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).

Janelle Richards, seorang produser NBC Nightly News, diberitakan berada di kereta tersebut. Kepada kantor berita NBC, ia bersaksi bahwa kereta Amtrak berangkat dari Washington DC dan seharusnya tiba di New York pada pukul 22.30 waktu setempat atau pukul 09.30 WIB, namun tergelincir pada 21.20 waktu Pennsylvania atau sekitar pukul 08.20 WIB, Rabu (13/5).

Richards tiba-tiba mendengar benturan yang sangat keras. Ia pun melihat asap dan menyaksikan orang-orang panik. Kereta terhenti dan penumpang mulai bertanya-tanya cara keluar dari kereta tersebut.

Sementara itu, Walikota Philadelphia, Michael Nutter, mengatakan lima orang telah meninggal. Pihak berwenang juga menyatakan, sekitar 50 orang penumpang dibawa ke rumah sakit dan enam orang lainnya kritis.

Menurut laporan The Guardian, penyebab kecelakaan itu belum diketahui. Pihak Amtrak mengatakan akan memberikan kabar terbaru terkait hal tersebut. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS juga sedang mengumpulkan informasi.

Gubernur Pennsylvania, Tom Wolf, mengatakan ia sudah mengontak otoritas negara bagian dan daerah lainnya. "Pikiran dan doa saya mengarah kepada semua yang terlibat kecelakaan kereta Amtrak di Philadelphia," ujar Wolf.

Kereta Amtrak juga pernah tegelincir pada hari Minggu (10/5) saat menuju New Orleans dan menghantam sebuah truk bak terbuka di persimpangan kereta api di Amite. Kejadian tersebut menyebabkan sopir truk meninggal dan melukai dua orang di kereta.

Pada Maret lalu, setidaknya 55 orang terluka saat kereta Amtrak bertabrakan dengan traktor yang terjebak di atas rel di North Carolina.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home