Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:43 WIB | Selasa, 23 Juni 2015

Kesebelasan AS Tantang Tiongkok di Perempat Final Piala Dunia Putri

Kesebelasan AS Tantang Tiongkok di Perempat Final Piala Dunia Putri
Para pemain AS bergembira meraih kemenangan atas Kolombiadengan skor 2-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Commonwealth, Edmonton, Alberta, Selasa (23/6) pagi WIB. (Foto-foto: fifa.com).
Kesebelasan AS Tantang Tiongkok di Perempat Final Piala Dunia Putri
Ingrid Vidal (Kolombia, kaus kuning) berebut bola dengan Alex Krieger (kanan, kaus putih).
Kesebelasan AS Tantang Tiongkok di Perempat Final Piala Dunia Putri
Kiper Kolombia, Catalina Perez berjibaku menyelamatkan gawang walau dia diganjar kartu merah pada menit ke-47.

EDMONTON, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat (AS) melaju ke perempat final Piala Dunia Putri dan akan menjajal ketangguhan para pejuang putri Tiongkok. Kepastian itu didapat setelah para pemain Paman Sam  menundukkan Kolombia dengan skor 2-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Commonwealth, Edmonton, Alberta, Selasa (23/6) pagi WIB.

Saat menghadapi Tiongkok pada Sabtu (27/6) pagi WIB, Lauren Holiday dan Megan Rapinoe – dua gelandang bertahan andalan AS – diperkirakan tidak dapat memperkuat tim karena akumulasi kartu yang mereka terima di pertandingan penyisihan grup.

Menurut fifa.com, AS pada babak pertama gagal menghajar gawang Kolombia, karena ketatnya barisan tengah Kolombia dan disiplin mereka dalam melakukan penjagaan satu demi satu pemain AS. Ditambah lagi dengan kegemilangan kiper Kolombia, Catalina Perez.

AS sempat bergembira sejenak di menit-menit awal petandingan, saat salah satu penyerang AS, Abby Wambach mengira dia telah berhasil mencetak gol saat mendapat bola dari rekannnya Alex Morgan. Namun, saat menerima bola operan lagi dari Tobin Heath, Wambach terjebak dalam posisi offside.

Babak kedua malapetaka terjadi bagi Kolombia. Di menit ke-47 penjaga gawang Catalina Perez terkena kartu merah dan dikeluarkan wasit karena menjegal langkah Alex Morgan yang menggiring bola dan berhadapan langsung dengan kiper berusia 20 tahun tersebut.

Akibat kartu merah tersebut terjadi perubahan formasi di kubu Kolombia, yakni penjaga gawang cadangan Derly Castano Cardozo menggantikan pemain belakang Kolombia, Ingrid Vidal sehingga posisi pemain belakang berkurang satu, dan Cardozo dapat mengganti penjaga gawang Kolombia yang dikeluarkan, Catalina Perez.

Penalti yang diberikan bagi AS tidak berbuah baik, karena Alex Morgan gagal menunaikan tugasnya. Gawang Kolombia sempat aman dari kebobolan, akan tetapi menit ke-53 Morgan tidak lagi mengalami kegagalan dalam menunaikan tugasnya, karena kali ini dalam sebuah serangan terbuka Alex Morgan menjebol gawang Derly Castano.

Penalti kedua diberikan bagi AS pada menit ke-66 setelah salah satu gelandangnya, Morgan Rapinoe, dijatuhkan oleh bek Kolombia, Angeloe Clavijo di kotak penalti. Kali ini penendang penalti AS adalah Carli Lloyd, dan pesepak bola putri berusia 32 tahun tersebut sukses memastikan AS menang 2-0 atas Kolombia.

Susunan Pemain:

Amerika Serikat: Hope Solo, Ali Krieger, Becky Sauerbrunn, Julie Johnston, Meghan Klingenberg, Lauren Holiday, Carli Lloyd, Megan Rapinoe, Tobin Heath, Abby Wambach, Alex Morgan. 

Kolombia: Catalina Pérez,  Carolina Arias, Nataly Arias, Angela Clavijo, Oriánica Velásquez, Daniela Montoya, Natalia Gaitán, Diana Ospina, Yoreli Rincón, Lady Andrade, Ingrid Vidal. (fifa.com).  

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home