Loading...
INSPIRASI
Penulis: Winarsih Handayani 18:10 WIB | Kamis, 01 Agustus 2013

Kesempatan

foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Di  tepi sebuah danau terpancang tulisan pada sebuah papan: ”YANG MENGAMBIL BATU-BATU DI SEKITAR DANAU INI AKAN MENYESAL, YANG TIDAK MENGAMBIL AKAN MENYESAL JUGA.” Memang ada banyak batu di sekitar danau yang indah itu.

Sekelompok orang yang mengunjungi danau itu memperhatikan tulisan tersebut dan dengan kesal melemparkan sejauh mungkin batu-batu itu ke tengah danau. Namun, ada seseorang yang berpikir dalam hatinya, ”Kalau saya mengambil saya akan menyesal, tidak mengambil pun menyesal. Kalau memang harus menyesal lebih baik saya ambil batu-batu ini dan membawanya pulang. Saya ingin tahu penyesalan seperti apa yang akan menimpa saya.”

Lalu ia membawa pulang batu-batu itu dan menyerahkannya kepada ahli batu-batuan di kotanya. Ternyata batu tersebut sejenis safir yang indah pada bagian dalamnya—meskipun bagian luarnya tampak buruk—dan berharga mahal. Dan ia pun menyesal karena tidak  membawa  dalam jumlah banyak.

Begitulah kesempatan. Ada banyak kesempatan dalam kehidupan kita. Jika kita tidak mengambil kesempatan itu, kita akan menyesal belakangan. Kalau kita mengambilnya, namun tidak memanfaatkannya secara maksimal kita pun akan menyesal.  Kedua tindakan itu berakibat sama: penyesalan!

Tuhan memberi  banyak kesempatan di dalam hidup kita. Apakah kita bijak dan peka melihat kesempatan itu dan memanfaatkannya secara sungguh-sungguh? Jika tidak, seperti kisah di atas, diambil maupun tak diambil kesempatan itu hanya akan membawa kita pada penyesalan. 

email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home