Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:01 WIB | Selasa, 14 Oktober 2014

Ketua DPR Sarankan Baleg Diisi 75 Anggota

Ketua DPR Setya Novanto. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketua DPR Setya Novanto menyarankan agar Badan Legislasi (Baleg) DPR diisi oleh 75 anggota, sementara untuk komposisi 10 komisi lainnya diisi sekitar 45-55 anggota.

"Jumlah keanggotaan di setiap komisi itu sekitar 45-55 orang, tapi untuk Baleg DPR saya menyarankan semoga bisa diputuskan sekitar 75 orang," Kata Setya saat meninggalkan ruang rapat konsultasi dengan pemimpin fraksi di Ruang Rapat Pansus B, Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan Jakarta Pusat, Selasa (14/10).

Namun, saat berita ini diturunkan Setya mengatakan dalam rapat tengah berkembang pembahasan Baleg diisi 100 anggota.

Menurut dia hal ini dilakukan karena Baleg akan menyelesaikan Program Legislasi Nasional (Prolegnas), serta sejumlah undang-undang yang ada di komisi. 

Masih Alot

Selanjutnya, Setya mengatakan belum memutuskan mekanisme yang akan digunakan untuk pemilihan pemimpin setiap komisi di DPR. Ia mengaku masih menunggu rapat konsultasi bersama pemimpin fraksi.

"Nanti kita dengarkan kembali cara pemilihannya, sabar saja karena ini masih tahap Baleg, nanti akan kita bicarakan (tahap pemilihannya)," ucap dia.

Namun, saat ditanya apakah proses pemilihan akan menggunakan sistem paket atau tidak, Ketua DPR itu menuturkan akan menaati azas dan aturan. "Tapi semuanya kita lakukan pembicaraan-pembicaraan dengan pemimpin fraksi yang lain," ujar Setya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home