Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 17:33 WIB | Minggu, 13 November 2016

KH Hasyim Muzadi: KHR Asad Pahlawan Pancasila

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Haji Ahmad Hasyim Muzadi (kiri). (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JEMBER, SATUHARAPAN.COM – Mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi menilai KHR As`ad Syamsul tidak hanya pantas menyandang gelar pahlawan nasional, namun juga layak disebut sebagai pahlawan Pancasila terkait perannya dalam penerimaan azas tunggal Pancasila oleh organisasi kaum nahdliyyin itu.

“Tidak salah kalau beliau disebut sebagai pahlawan Pancasila. Beliau lebih Pancasila dari orang-orang yang `ngomong` butir-butir Pancasila," katanya pada seminar bertema "Refleksi Perjuangan KHR As`ad Syamsul Arifin dalam Mempertahankan NKRI" di Pondok Pesantren Nurul Qaarnain, Baletbaru, Sukowono, Jember, Jawa Timur, hari Minggu (13/11).

Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada KHR As`ad Syamsul Arifin dalam upacara di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/11).

Penganugerahan gelar pahlawan nasional itu berdasar Keputusan Presiden Nomor 90/TK/Tahun 2016 tanggal 3 November 2016 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Kiai Haji Raden As`ad Samsul Arifin (lahir pada tahun 1897 di Mekkah dan meninggal 4 Agustus 1990 di Situbondo pada umur 93 tahun) adalah pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah di Dusun Sukorejo, Desa Sumberrejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Menurut Hasyim Muzadi, gelar pahlawan yang dianugerahkan kepada Kiai As`ad tidak lepas dari proses perjalanan NU dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia mengatakan bahwa Kiai As`ad adalah tokoh yang memegang palu ketika NU menerima Pancasila sebagai satu-satunya azas di Indonesia, meskipun konseptornya adalah KH Achmad Siddiq, kala itu.

Kiai As`ad, katanya, ketika itu mau meneruskan wacana mengenai penerapan azas tunggal oleh Presiden Soeharto setelah mendapatkan penjelasan bahwa Pancasila tidak akan dijadikan agama atau agama dijadikan Pancasila.

“Pak Harto kala itu menjelaskan bahwa Pancasila sebagai pintu gerbang untuk masuknya semua agama, semua komponen bangsa untuk bersama-sama membangun bangsa,” kata dia.

Amanah                    

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Sukorejo KHR Ahmad Azaim Ibrahimy mengemukakan, penganugerahan gelar pahlawan untuk KHR As`ad Syamsul Arifin merupakan amanah yang amat berat bagi semua pihak, khususnya kalangan santri dan keluarga.

“Kita harus sadar bahwa ini adalah anugerah dari Allah. Anugerah itu amanah dan karenanya harus kita jaga bersama oleh santri, alumni, masyarakat dan para pecinta Kiai As`ad," katanya.

Ia mengemukakan bahwa dulunya mungkin tidak banyak yang mengenal secara detil siapa sosok KHR As`ad Syamsul Arifin, pendiri Ponpos Sukorejo sekaligus tokoh terkemuka Nahdlatul Ulama (NU) semasa hidupnya.

“Tapi setelah ditetapkan sebagai pahlawan nasional, Kiai As`ad dikenal tidak saja di Situbondo, melainkan di Jawa Timur, bahkan nasional," kata cucu dari KHR As`ad ini.

Ia mengajak semua kalangan yang berkait dengan Kiai As`ad, baik santri, keluarga maupun masyarakat luas harus menjaga nama baik ulama yang semasa perjuangan dikenal sebagai pendiri dan komandan pasukan Pelopor yang berjuang di wilayah Keresidenan Besuki dan Madura itu.

“Kalau ada santri atau keluarga yang berperilaku tidak baik, bukan hanya nama dia yang tidak baik, tapi akan mencoreng nama Kiai As`ad, meskipun beliau sendiri di alam sana mungkin tidak akan terganggu," katanya.

Kiai Azim mengajak semua santri dan alumni Ponpes Sukorejo untuk terus meneladani perjuangan Kiai As`ad dengan menjaga wasiatnya mengenai trilogi perjuangan yang pernah diwasiatkannya, yakni menjaga akidah ahlussunnah wal jamaah, peduli pada pendidikan Islam dan ikut meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Beliau juga mampu memadukan nilai-nilai keagamaan dengan kenegaraan dan kebangsaan. Bagi beliau, membela negara itu harus diniati untuk membela agama, karena jika stabilitas keamanan negara terjaga, negara damai, maka ibadah kita akan menjadi lebih baik,” kata dia. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home