Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:12 WIB | Selasa, 15 Oktober 2013

Khatib: Kekuatan Umat Ditentukan Kualitas, Bukan Kuantitas

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Khatib khutbah shalat Idul Adha Masjid Al Azhar Jakarta, Muhammad Suhadi mengatakan, kekuatan umat Islam ditentukan oleh kualitas masing-masing individu dan bukan oleh kuantitasnya secara keseluruhan.

"Kekuatan yang sebenarnya adalah terletak pada kualitas bukan pada kuantitas. Jumlah yang besar akan rapuh apabila di dalamnya diisi dengan substansi yang tidak berkualitas," kata Muhammad Suhadi dalam khutbah di Lapangan Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa pagi.

Menurut Suhadi, kualitas umat akan ditentukan oleh derajat iman dan takwanya masing-masing individu dan kualitas seorang pemimpin umat akan ditentukan oleh iman, takwa, dan keteladanannya.

Keteladanan

Dalam khutbah bertajuk "Menelisik Kepemimpinan Umat Islam Dulu, Kini, dan Esok" itu, ia mengemukakan bahwa keberhasilan seorang pemimpin akan sangat ditentukan oleh kemampuannya dalam membina dan mengkader orang-orang yang ada di sekitarnya.

"Setiap kita masing-masing adalah pemimpin, dan setiap kita akan dimintai pertanggungjawaban dari kepemimpinan dalam posisi kita masing-masing," tegasnya.

Suhadi yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam Al Azhar itu juga menyebutkan, keberhasilan Muhammad SAW dalam memimpin umat terbukti dalam waktu yang singkat dapat membawa perubahan besar bagi bangsa Arab merupakan suatu hal yang tidak dapat dipungkiri dan jelas tercatat dalam sejarah.

"Keteladanan beliau dalam segala sisi kehidupan, keberhasilan beliau dalam membina para sahabat, orang-orang lingkaran pertama di sekeliling beliau sekaligus pengkaderan untuk kesinambungan kepemimpinan ke depan," kata Suhadi.

Untuk itu, ujar dia, umat Islam diharapkan dapat menemui kembali masa-masa kejayaan Islam antara lain dengan kembali kepada Al Qur`secara bersama-sama meneNtukan prioritas yang harus dikerjakan bersama.

Sebelumnya, sejak sekitar pukul 05.00 seusai shalat Subuh, ribuan umat Islam secara bertahap datang berbondong-bondong ke lapangan untuk mengumandangkan takbir seraya menunggu prosesi shalat Id.

Sedangkan hewan kurban yang diterima pihak masjid Al Azhar untuk disalurkan ke sekitar masjid dan daerah-daerah di berbagai tempat di Indonesia berjumlah total sebanyak 60 sapi dan 653 kambing. (Antara)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home