Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 02:23 WIB | Jumat, 06 Maret 2020

Kim Jong Un Surati Moon Jae-In Sampaikan Harapan bagi Kesehatan Warga Korsel

Foto gabungan ini disediakan oleh Yonhap News TV menunjukkan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (kiri) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: Yonhap)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in saling berkirim surat dengan pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, menurut Gedung Biru kepresidenan Korsel pada Kamis (5/3).

Yoon Do-han, sekretaris pers senior Gedung Biru, dalam sebuah konferensi pers mengatakan Kim mengirimkan surat pribadinya kepada Moon pada Rabu (4/3) untuk "menyampaikan pesan penghiburannya" bagi warga Korsel yang tengah berjuang melawan wabah COVID-19.

Hingga Kamis pagi, Korsel telah melaporkan 5.766 pasien yang terjangkit COVID-19.

Dalam surat itu, Kim mengatakan dirinya yakin bahwa Korsel akan mampu mengatasi wabah tersebut hingga tuntas, dan menyampaikan harapannya bagi kesehatan saudara-saudara di negara itu.

Kim juga menunjukkan kekhawatirannya akan kesehatan Moon, dengan mengatakan akan terus mengirimkan harapan terbaiknya untuk Moon dalam mengatasi wabah COVID-19.

Melalui surat itu, Kim mengungkapkan pikiran dan sikap "jujurnya" tentang situasi di Semenanjung Korea, namun Gedung Biru tidak memaparkannya lebih jauh.

Sebagai tanggapan, Moon menyampaikan rasa terima kasihnya melalui surat pribadi kepada Kim pada hari yang sama, kata Gedung Biru.

Ini merupakan kali pertama dalam tahun ini kedua pemimpin Korea tersebut berkirim surat.

Pada 2019, Kim mengirim suratnya kepada Moon pada Oktober untuk menghiburnya kala berduka atas kematian sang ibu, sementara Moon mengirimkan suratnya kepada Kim untuk mengundang pemimpin Korut itu ke pertemuan tingkat tinggi khusus antara Korsel dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang digelar di kota pelabuhan tenggara Busan pada November tahun lalu. (Xinhua)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home