Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 01:25 WIB | Jumat, 27 Juni 2014

Klinsmann Ditaklukkan Negara Asalnya, Jerman 0-1

Klinsmann Ditaklukkan Negara Asalnya, Jerman 0-1
Juergen Klinsmann harus mengakui keunggulan negara asalnya, Jerman 0-1. (Foto-foto: fifa.com)
Klinsmann Ditaklukkan Negara Asalnya, Jerman 0-1
Kesebelasan Jerman saat merayakan gol yang diciptakan Mueller di menit 55.

RECIFE, SATUHARAPAN.COM – Bintang tim nasional Jerman di Piala Dunia 1990 yang kini melatih kesebelasan Amerika Serikat, Juergen Klinsmann harus mengakui keunggulan negara asalnya dalam laga lanjutan Grup G Piala Dunia 2014. Tim besutannya takluk 0-1 pada pertandingan yang terselenggara di Itaipava Arena Pernambuco, Recife, Brasil, Jumat (27/6) dinihari WIB.

Di babak pertama, baik Amerika Serikat ataupun Jerman tampil tanpa menghasilkan gol. Mungkin, karena hasil imbang sudah bisa mengantarkan mereka ke babak selanjutnya, permainan kedua kesebelasan cenderung lebih menunggu. Tidak banyak peluang yang didapatkan dari laga selama 45 menit.

Akhirnya setelah babak kedua berjalan sepuluh menit, tepatnya menit 55, Jerman mampu memecah kebuntuannya. Memanfaatkan bola rebound hasil sundulan Mertesacker yang ditepis Howard, Mueller berhasil menyambut dengan sepakan dari luar kotak penalti. Bola pun mengarah ke pojok gawang kiri gawang dan tidak mampu dijangkau oleh kiper Amerika Serikat itu. Tim asuhan Klinsmann tertinggal 0-1.

Berkat gol ini, Mueller menyejajarkan diri dengan bintang Argentina, Messi, dan penyerang Brasil, Neymar, dalam pencetak gol terbanyak sementara Piala Dunia 2014, dengan torehan empat gol.

Gol Mueller tersebut juga membangkitkan tempo pertandingan, Amerika Serikat yang tidak ingin tergantung dengan hasil pertandingan Ghana menghadapi Portugal, langsung melancarkan serangan ke pertahanan Jerman.

Namun hingga laga berakhir, serangan yang dibangun dibangun dari kaki Dempsey dan Jones belum berhaasil membongkar rapatnya pertahanan Der Panzer. Termasuk peluang emas dari tandukan Dempsey di mulut gawang Neuer, masih melambung di atas mistar. Klinsmann pun harus mengakui keunggulan tim besutan mantan asistennya kala mengarsiteki Jerman (2004-2006), Joachim Loew, 0-1.

Amerika Serikat Tetap Lolos

Takluk dari Jerman, tidak menghalangi Klinsmann untuk membawa anak asuhnya melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014 mendamping Jerman. Karena, meski Portugal berhasil mengalahkan Ghana 2-1, Ronaldo cs kalah selisih gol dengan Amerika Serikat.

Anak asuh Klinsmann menempati posisi runner up Grup G dan akan berjumpa juara Grup H, sedangkan Jerman akan berhadapan dengan runner up Grup G, di babak 16 Besar Piala Dunia 2014.  

Susunan Pemain (Amerika Serikat vs Jerman)

Amerika Serikat (4-4-1-1): Howard, Gonzalez, Bradley, Besler, Beasley, Dempsey, Jones, Davis (’59 Bedoya), Beckerman, Zusi (’84 Yedlin), Johnson

Cadangan: Guzan (penjaga gawang), Rimando (penjaga gawang), Brooks, Johannsson, Diskerud, Green, Altidore, Wondolowski, Cameron, Chandler

Pelatih: Juergen Klinsmann (Jerman)

Jerman (4-5-1): Neuer, Hoewedes, Hummels, Schweinsteiger (’76 Goetze), Oezil (’89 Schurrle), Podolski (’46 Klose), Mueller, Lahm, Mertesacker, Kroos, Boateng

Cadangan: Zieler (penjaga gawang), Weidenfeller (penjaga gawang), Grosskreutz, Ginter, Khedira, Draxler, Durm, Mustafi, Kramer

Pelatih: Joachim Loew

Wasit: Ravshan Irmatov


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home