Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 01:22 WIB | Jumat, 27 Juni 2014

FIFA Skors Suarez Empat Bulan dan Denda 1,3 Miliar

Aksi Luis Suarez merayakan golnya ke gawang Inggris di Piala Dunia 2014. (Foto: fifa.com)

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Federasi sepak bola dunia, FIFA akhirnya menjatuhkan hukuman bagi pemain sepak bola Uruguay, Luis Suarez atas kasus gigitan ke bahu bek tim nasional Italia, Giorgio Chiellini, Selasa (24/6). Suarez dilarang beraktivitas di dunia sepak bola selama empat bulan dan tidak boleh membela negaranya sebanyak sembilan laga. Selain itu, penyerang yang merumput bersama klub Liverpool itu juga didenda 111.000 Dolar AS atau setara 1,3 miliar rupiah.

Komite Disiplin FIFA telah mengambil keputusan terkait insiden yang melibatkan Luis Suarez dari Uruguay dalam laga Piala Dunia 2014 antara Italia dan Uruguay, Kamis (24/6). Berikut keputusan yang dikeluarkan Komite Displin FIFA:

Pertama, sang pemain, Luis Suarez, telah melanggar Pasal 48 ayat 1d dari Kode Displin FIFA (FDC) (penyerangan), dan Pasal 57 dari FDC (tindakan tidak sportif terhadap pemain lain).

Kedua, sang pemain, Luis Suarez, akan dilarang bermain dalam sembilan (9) laga resmi. Laga pertama tanda mulai berlakunya larangan ini adalah laga Piala Dunia 2014 selanjutnya antara Kolombia dan Uruguay pada Sabtu (28/6). Larangan bermain selanjutnya akan diperhitungkan dalam laga Piala Dunia 2014 Uruguay selanjutnya, selama tim mereka lolos, dan atau dalam laga resmi perwakilan tim tersebut sesuai dengan Pasal 38 ayat 2a di FDC.

Ketiga, sang pemain, Luis Suarez, dilarang ikut serta dalam segala aktivitas terkait sepakbola (administratif, olahraga, dan lain-lain) selama empat (4) bulan sebagaimana tertulis dalam Pasal 22 dari FDC.

Keempat, larangan datang ke stadion juga dijatuhkan pada Luis Suarez sesuai dengan Pasal 21 FDC sebagaimana diputuskan: Luis Suarez dilarang memasuki stadion apapun selama masa skorsing (poin 3). Luis Suarez dilarang memasuki seluruh stadion tempat tim nasional Uruguay bermain, selama masih menjalani larangan bermain sembilan laga (poin 2).

Kelima, sang pemain, Luis Suarez, diharuskan membayar denda sebesar 111.000 dolar AS atau setara 1,3 miliar rupiah.

Selanjutnya, keputusan ini akan diumumkan pada pemain terkait dan federasi sepak bola Uruguay hari ini.

"Sikap seperti ini tak bisa dimaafkan di lapangan sepak bola manapun, dan khususnya tidak di Piala Dunia, dimana jutaan orang mengarah pada bintang-bintang di lapangan. Komite Disiplin FIFA mempertimbangkan segala faktor dan tingkat pelanggaran Suarez sesuai dengan ketentuan relevan yang ada dalam aturan. Keputusan ini bersifat memaksa sesaat setelah diumumkan," ucap Claudio Siser, pemimpin Komite Disiplin FIFA. (goal.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home