Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:58 WIB | Kamis, 26 Juni 2014

Gelandang Jerman, Oezil Tidak Puasa Ramadan Ini

Gelandang serang tim nasional Jerman, Mesut Oezil.saat hendak memasuki lapangan untuk melakoni laga kontra Ghana, Sabtu (21/6).

RECIFE, SATUHARAPAN.COM – Gelandang tim nasional Jerman, Mesut Oezil mengaku tidak akan menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadan tahun ini. Sebab, ia tengah membela der panzer di Piala Dunia 2014.

"Saya tidak akan berpuasa selama Ramadan tahun ini karena komitmen Piala Dunia. Saya bekerja sehingga tidak bisa melakukannya tahun ini," ucap Oezil, seperti dilansir dari goal.com.

Memang turnamen sepak bola terbesar dunia empat tahunan, Piala Dunia 2014 akan berpapasan dengan bulan suci Ramadan tahun ini. Umat Muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa selama kurang lebih satu bulan.

Menurut situs nu.or.id, Allah SWT memberikan keringanan bagi orang yang kesulitan dalam menjalankan ibadah puasa. Namun definisi kesulitan dulu dan sekarang sangat berbeda. Misalnya, kesulitan apa yang membebani orang yang sedang bepergian (musafir) sementara betapa mudah alat transportasi saat ini.

Syeikh Ihsan Jampes dalam kitab Manahijul Imdad jilid 1 hal 491 mengutip pendapat dari madhab Syafi’i, menyebut puasa lebih utama bagi musafir yang kuat menjalankan ibadah puasa atau tidak mendapat kesulitan, dengan syarat bepergian dilakukan sebelum waktu puasa tiba.

Mungkin pemain sepak bola Muslim di Piala Dunia 2014 ini masuk dalam kategori musafir. Mereka sedang berada dalam perjalanan jauh untuk membela negaranya di turnamen sepak bola terbesar dunia.

Seperti diketahui, banyak para pemain Muslim yang sedang membela negaranya di Piala Dunia 2014. Sebut saja Karim Benzema (Prancis), Marouane Fellaini dan Moussa Dembele (Belgia), serta Oezil (Jerman). Namun untuk Ramadan tahun ini Oezil mengakui dirinya tidak akan berpuasa.

Jerman sendiri sementara masih memimpin Grup G dengan perolehan empat poin, hasil dari dua laga yang telah dijalani. Mereka akan melakoni laga penentuan untuk lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014 melawan Amerika Serikat, Kamis (26/6), pukul 23.00 WIB.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home