Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 01:20 WIB | Jumat, 27 Juni 2014

Samba Eropa Dipastikan Mudik, Walau Ungguli Ghana

Samba Eropa Dipastikan Mudik, Walau Ungguli Ghana
William Carvalho (Portugal, kaus marun) menguasai bola dibayang-bayangi Mohammed Rabiu (Ghana, kaus putih). (Foto-foto: fifa.com).
Samba Eropa Dipastikan Mudik, Walau Ungguli Ghana
Mohammed Rabiu (Ghana) mengawal Eder (penyerang Portugal).
Samba Eropa Dipastikan Mudik, Walau Ungguli Ghana
Pendukung POrtugal menyaksikan dari tribun penonton.

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Portugal dan Ghana gagal melangkah ke perdelapan final Piala Dunia 2014, setelah dalam pertandingan terakhir Grup G Ghana kalah atas Portugal dengan skor 1-2, pada pertandingan yang berlangsung Kamis (26/6) malam WIB, di Stadion Nacional Mane Garrincha, Brasilia.

Portugal dipastikan akan “pulang mudik” bersama Ghana dari  Piala Dunia karena berada pada peringkat ketiga dengan nilai 4 sama seperti Amerika di peringkat kedua, akan tetapi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memiliki selisih gol yang buruk (-3), sementara Amerika Serikat lolos menemani Jerman karena memiliki selisih gol (0). Tim Panzer berada di puncak klasemen Grup G dengan nilai 7.

Samba Eropa meraih kesempatan pertama mencetak gol di awal pertandingan, Cristiano Ronaldo nyaris membuka gol dan melakukan chop bola dari jarak jauh di luar kotak penalti karena Dauda, kiper Ghana di luar posisinya, sayang sekali bola membentur mistar dan kembali ke arena pertandingan.

Cristiano Ronaldo meraih kesempatan membuka skor bagi Portugal saat melakukan eksekusi tendangan bebas menit ke-12, bola masih disentuh Dauda, selamatlah gawang Ghana.

Portugal terus menerus menekan pertahanan Ghana, dan pusat serangan berawal dari Cristiano Ronaldo yang rajin turun ke tengah arena permainan untuk menjemput bola dan mendistribusikannya melalui rekannya, Moutinho dan Eder.

Menit ke-19 Portugal kembali memperoleh peluang kali ini Joao Pereira melayangkan bola tepat menuju penyerang Real Madrid itu, lagi-lagi Dauda mengagalkan kesempatan gol Portugal.

Asamoah Gyan menunjukkan Ghana bersemangat dalam pertandingan ini menit ke-21, dia berhasil mencuri bola dari kaki Pepe, kemudian Gyan maju sembari menggiring bola sedikit menuju kotak penalti sebelum melepaskan bola ke gawang, namun masih dapat diselamatkan kiper Portugal, Beto.

Ancaman yang sama terjadi tiga menit kemudian, bola dari eksekusi tendangan bebas Emmanuel Agyemang-Badu menuju kepala Asamoah Gyan, dan bola berhasil dihentikan Beto.

Portugal meraih keunggulan menit ke-31, gol berbau keberuntungan bagi Portugal karena John Boye, salah satu bek Ghana melakukan gol bunuh diri karena gagal menghalau bola hasil umpan silang Miguel Veloso di kotak penalti Ghana. Hingga babak pertama usai, Portugal memimpin 1-0.

Babak kedua Ghana tidak tinggal diam, apalagi di pertandingan lain di Grup G tersiar kabar Jerman unggul 1-0 atas Amerika Serikat.

Kabar itu berimbas baik bagi wakil Afrika ini, karena  menit ke-57 Asamoah Gyan berhasil menyambar bola hasil umpan Abdul Majeed Waris yang tidak dapat ditahan Beto di bawah mistar Portugal.

Semangat Ghana yang masih membara hampir menjadikan mereka unggul menit ke-61, lagi-lagi kerja sama Majeed Waris dan Gyan hampir membuahkan keunggulan kali ini Majeed Waris mendapat bola dari Gyan, akan tetapi bola sundulan Majeed Waris menyamping dari gawang Beto.

Ghana yang bersemangat mencari keunggulan, malah berbalik menjadi ketinggalan, tatkala menit ke-80  Ronaldo berhasil mencetak gol pertamanya di Piala Dunia Brasil 2014.

Berawal dari kesalahpahaman kiper Ghana, Dauda dan bek Ghana, Jonathan Mensah bola yang ditepis kiper Dauda jatuh ke kaki Ronaldo dan dengan mudah dilesakkan penyerang Real Madrid itu ke gawang Ghana, kedudukan 2-1 bagi Portugal.yang bertahan hingga pertandingan selesai.

Susunan Pemain

Portugal:  Beto, Pepe, Joao Pereira, Bruno Alves, Miguel Veloso, Joao Moutinho, Ruben Amorim, William Carvalho, Eder, Cristiano Ronaldo, Nani

Ghana:  Fatau Dauda, Kwadwo Asamoah, John Boye, Harrison Afful, Jonathan Mensah, Andre Ayew, Christian Atsu, Mohammed Rabiu, Emmanuel Agyemang-Badu, Abdul Majeed Waris, Asamoah Gyan.  (goal.com/sportsmole.co.uk/fifa.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home