Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:43 WIB | Jumat, 24 April 2015

Koalisi Milisi Libya Serang ISIS di Sirte

Foto dari Hurriyet Daily News.

SIRTE, SATUHARAPAN.COM - Sebuah aliansi milisi yang menguasai ibu kota Libya, Tripoli, melancarkan serangan udara terhadap posisi  kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (Islamic State of Iraq and Syria / ISIS) Libya di kota pesisir, Sirte, kata seorang pejabat.

"Sebuah pesawat tempur milik Fajr Libya melancarakan beberapa serangan pada hari Kamsi (23/4) malam terhadap  kawasan di mana ada anggota ISIS cabang Libya," kata seorang pejabat di kota itu yang tidak mau disebutkan namanya, kepada  kantor berita AFP.

Sasaran serangan itu termasuk pusat komando ISIS yang ada bangunan pusat konferensi di mana pemimpin mantan Presiden Libya, Moamar Kadhafi, pernah menyelenggarakan konferensi  internasional di kota kelahirannya, kata pejabat itu.

Fajr Libya adalah koalisi milisi, termasuk kelompok Islamis, yang menguasai Tripoli. Mereka telah menentang pemerintah dan parlemen yang diakui secara internasional.

Pertempuran sengit telah berkobar antara ISIS dan batalion Fajr Libya di Sirte, yang terletak 450 kilometer di timur ibu kota, sejak Rabu (22/4) malam, menurut juru bicara milisi.

Selain itu, terjadi bentrokan sporadis selama sekitar dua bulan antara ISIS dan batalion tersebut yang ditugaskan oleh parlemen Tripoli untuk memulihkan keamanan di kota pesisir itu.

Pemerintah yang diakui secara internasional melarikan diri ke wilayah timur negara itu setelah Fajr Libya merebut ibu kota pada bulan Agustus.

Ketidakstabilan di Libya membuat ISIS mendapatkan pijakan di negara Afrika Utara yang kaya minyak itu, di mana kelompok ekstremis telah mengeksekusi puluhan orang Kristen, terutama yang berasal daeri Mesir.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home