Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:58 WIB | Minggu, 26 Februari 2017

Komandan Tinggi AS Lakukan Perjalanan Rahasia ke Suriah

Komandan Tinggi Militer Amerika Serikat (AS) untuk Timur Tengah Jenderal Joseph Votel. (Foto: aranews)

QAMISHILI, SATUHARAPAN.COM - Komandan Tinggi militer Amerika Serikat (AS) untuk Timur Tengah melakukan perjalanan rahasia ke Suriah utara pada Sabtu (25/2) untuk bertemu dengan sebuah aliansi yang didukung AS dalam melawan kelompok ISIS, ungkap juru bicara aliansi itu.

Jenderal Joseph Votel, yang mengepalai Komando Pusat AS (Centcom), bertemu dengan para pemimpin dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dalam perjalanan pertama sejenis di bawah pemerintahan baru AS.

Juru bicara SDF Talal Silo mengatakan kepada AFP bahwa Votel "membahas peningkatan koordinasi dan dukungan (ke SDF) di era Donald Trump."

"Akan ada senjata berat di masa mendatang," kata Silo.

Dalam sebuah pernyataan di dunia maya, Silo mengatakan bahwa Votel sudah bertemu dengan beberapa komandan SDF. Pertemuan tersebut dilakukan dengan bantuan tentara AS. Tentara AS dan Pemerintah AS juga telah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Turki pada minggu lalu.

Menurut Silo, Votel membahas perkembangan terkini mengenai operasi SDF di Raqqa dan bagaimana caranya meningkatkan koordinasi dan dukungan terhadap pasukan mereka.

"Hasilnya positif. Kami membahas perkembangan tersebut dalam operasi Euphrates Rage dan masalah-masalah militer bersama," kata Silo.

Dia menggambarkan pertemuan itu sebagai "konfirmasi dukungan AS bagi pasukan kami."

Kunjungan ini bukanlah pertama kalinya bagi Votel. Pada bulan Mei 2016, Votel mengunjungi SDF di Kobani sebelum melepaskan operasi militer di kota Manbij. Pada saat itu, Votel juga bertemu dengan Pemerintah Turki. (aranews/AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home