Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:01 WIB | Jumat, 10 Januari 2014

Komite Parlemen Eropa Setujui Persidangan Snowden

Pembocor intelijen Amerika Serikat Edward Snowden. (Foto: Ist)

BRUSSEL, SATUHARAPAN.COM – Sebuah komite Parlemen Eropa pada Kamis (9/1) menyetujui rencana untuk menyidangkan pembocor intelijen Amerika Serikat Edward Snowden, yang pembeberannya mengenai pengintaian AS terhadap para pemimpin Uni Eropa menuai kemarahan terhadap Washington.

Tiga puluh enam suara di komite Civil Liberties (Kebebasan Sipil) Parlemen mendukung rencana untuk menyidangkan Snowden melalui tautan video dari Rusia tempat dia mendapat suaka sementara, sedangkan dua suara menentangnya.

Laporan berdasarkan dokumen yang dibocorkan Snowden menunjukkan Washington menjalankan sebuah sistem global, didukung oleh negara-negara sekutu seperti Inggris, untuk mendengarkan sistem internet dan telepon.

Itu mencakup penyingkapan bahwa National Security Agency (Badan Keamanan Nasional) AS juga menyadap ponsel Kanselir Jerman Angela Merkel.

Keseluruhan parlemen akan mengambil suara untuk rekomendasi komite tersebut pada Februari, dengan persidangan Snowden kemungkinan dilaksanakan pada April jika seluruh majelis menyetujui rencana itu. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home