Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:13 WIB | Minggu, 02 Oktober 2016

Kondisi Raja Thailand Membaik

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej. (Foto : BBC)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM – Kondisi kesehatan Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej sudah mulai membaik setelah mengalami infeksi paru-paru. Meski demikian, dia masih mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit karena gagal ginjal, menurut keterangan dari Istana pada hari Sabtu (1/10).

Adulyadej yang saat ini telah berusia 88 tahun adalah raja yang paling lama berkuasa dan dicintai banyak orang di Thailand.

Namun, dia sudah hampir setahun tidak muncul di depan publik karena berkutat dengan serangkaian penyakit di sebuah rumah sakit di Bangkok.

Pihak istana mengontrol ketat informasi mengenai kesehatannya dan sulit untuk memastikan kondisinya secara keseluruhan.

Pernyataan terbaru yang dikeluarkan Biro Kerajaan pada Sabtu malam mengatakan dia mulai pulih dari infeksi pernapasan di paru-paru kirinya setelah diobati dengan antibiotik, seperti yang diberitakan oleh AFP.

Namun, dia masih menjalani terapi penggantian fungsi ginjal, perawatan untuk penyakit gagal ginjal akut.

“Hari ini, beliau tidak demam dan napasnya normal. Tes darah menunjukkan bahwa infeksinya sudah berkurang tapi air seninya masih sedikit, oleh karena itu, dokter terus memberinya CRRT,” menurut pernyataan tersebut, merujuk kepada terapi penggantian fungsi ginjal.

Bhumibol dirawat karena berbagai komplikasi kesehatan selama dua tahun terakhir, termasuk infeksi bakteri, kesulitan bernapas, masalah jantung dan hidrosefalus - penumpukan cairan serebrospinal yang sering disebut sebagai "cairan di otak". 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home