Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 14:13 WIB | Minggu, 04 September 2016

Thailand Tangkap Tersangka Pertama Serangan Kota Wisata

Satuan penjinak bom Thailand memeriksa lokasi ledakan bom sepeda motor di luar sebuah stasiun kereta api di distrik bergolak Rueso, Thailand selatan, 8 Maret 2015. Serangan yang diduga dilakukan oleh separatis ini melukai tiga petugas dan tiga warga sipil. (Foto: AFP)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM - Petugas aparat keamanan Thailand mengatakan ororitas Thailand telah menangkap tersangka pertama terkait serangkaian serangan bom dan pembakaran yang mengguncang beberapa kota wisata di bagian selatan pada bulan lalu.

“Satu tersangka aksi pembakaran ditangkap kemarin di kota kelahirannya di Pattani,” ujar asisten kepala kepolisian nasional, Suchart Theerasawat, pada hari Sabtu (3/9).

Pria tersebut, yang menurut identifikasi kepolisian bernama Abdul Kadae Salae (36), dituduh melakukan serangan pembakaran di sebuah supermarket di Provinsi Trang.

“Dia diinterogasi di sebuah kamp militer,” tambah petugas lain

Ledakan terkoordinasi terjadi di tujuh provinsi pada 11 hingga 12 Agustus, menewaskan empat orang dan melukai puluhan lainnya, termasuk wisatawan asing.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bom tersebut, tetapi analis menyatakan serangan itu merupakan pola serangan yang dilakukan pemberontak muslim Melayu, yang telah melakukan pemberontakan selama 12 tahun di wilayah bagian selatan.

Pertempuran untuk merebut otonomi lebih besar dari negara yang sebagian besar penduduknya beragama Buddha itu telah menewaskan lebih dari 6,500 orang - khususnya warga sipil - sejak 2004, tetapi aksi kekerasan jarang menyebar ke luar wilayah perbatasan selatan. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home