Loading...
RELIGI
Penulis: Ignatius Dwiana 13:04 WIB | Jumat, 20 September 2013

Konflik Syiah Sunni Tidak Menguntungkan Umat Islam

Country Representative AMAN Indonesia Ruby Khalifah. (Foto Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kinerja Menteri Agama Suryadharma Ali tidak luput dari sorotan Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia. Menurut AMAN, Suryadharma Ali selama ini bertindak sebagai Menteri Agama untuk kelompok atau golongan agama tertentu. Sorotan AMAN Indonesia muncul karena lembaga ini juga terlibat dalam pendampingan Muslim Syi’ah Sampang.

“Apa yang dilakukan Menteri Agama sebenarnya harus bisa menjadi concern orang Indonesia secara keseluruhan. Karena dia bukan Menterinya Agama Islam. Dia adalah menteri agama semua agama. Harusnya itu menjadi hal yang penting orang Indonesia pertanyakan. Kenapa SBY mempertahankan menteri agama yang cenderung mengeluarkan statemen-statemen kebencian terhadap minoritas,” kata Country Representative AMAN Indonesia, Ruby Khalifah.

Lanjutnya,”Mengapa kita tidak mencoba memobilisasi untuk penggantian menteri agama? Karena apa? Karena ini sangat meresahkan di semua orang.”

Menurut Ruby Khalifah, umat Islam tidak mendapatkan keuntungan apa pun dari konflik Syi’ah Sunni.

Dia menyatakan kekhawatirannya bahwa konflik Sunni Syi’ah akan berujung pada domesitifikasi perempuan seperti pelarangan perempuan bersekolah seperti yang terjadi di Pakistan Taliban.

“Saya rasa dalam konflik ini pihak minoritas juga belajar bahwa ada banyak hal bagaimana memaknai yang namanya toleransi di negeri kita ini.”

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home