Loading...
RELIGI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 07:19 WIB | Jumat, 20 September 2013

Sekum Dewan Gereja Sedunia Menerima Penghargaan dari Kerajaan Yordania

Sekjen WCC Rev Dr Olav Fykse Tveit (kiri) menerima medali untuk karyanya dalam dialog antar agama dari Raja Abdullah II dari Yordania. (Foto: oikumene.org)
JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Umum (Sekum) Dewan Gereja Sedunia (World Council of Churches/WCC) Pendeta Dr Olav Fykse Tveit menerima penghargaan Al-Hussein Decoration for Distinguished Service dari Raja Yordania. Penghargaan berupa medali itu adalah simbol penghargaan atas hasil karya dan dedikasinya dalam membangun dialog antarumat beragama.
 
Medali penghargaan Al-Hussein Decoration for Distinguished Service diserahkan oleh Raja Abdullah II dari Yordania langsung kepada Pdt Dr Olav Fykse Tveit. 
 
Tveit menyatakan terima kasih atas pengakuan terhadap kontribusinya pada dialog antarumat beragama dan upaya WCC dalam mempromosikan hubungan damai antara Kristen dan Muslim.
 
Pdt Dr Olav Fykse Tveit menerima penghargaan ini dalam sebuah upacara pada 3 September di Amman, Yordania. Tveit berpartisipasi dalam konferensi tentang "Tantangan yang dihadapi orang Kristen Arab" bersama dengan para pemimpin Kristen dan Muslim lainnya dari seluruh dunia.
 
Al-Hussein Decoration for Distinguished Service, First Class, adalah penghargaan yang mengakui prestasi di bidang tertentu, termasuk filantropi, sastra, seni, ilmu pengetahuan, beasiswa dan pendidikan, industri dan perdagangan, juga pelayanan publik.
 
"Medali yang diberikan kepada saya, dengan para pemimpin agama lain, oleh Raja Abdullah II memang merupakan kehormatan besar dan inspiratif," kata Tveit.
 
"Pelayanan antaragama untuk membangun perdamaian di seluruh komunitas seluruh dunia merupakan prioritas utama bagi gereja-gereja, dan itu adalah doa saya untuk mempromosikan inisiatif ini dalam berbagai cara sebisa saya," imbuhnya.
 
Dewan Gereja Sedunia mempromosikan persatuan umat Kristen dalam iman, kesaksian dan pelayanan bagi dunia yang adil dan damai. Sebuah persekutuan ekumenis gereja-gereja yang didirikan pada 1948. Pada akhir tahun 2012, WCC memiliki 345 anggota gereja yang mewakili lebih dari 500 juta orang Kristen dari gereja Protestan, Ortodoks, Anglikan dan tradisi lainnya di lebih dari 110 negara. WCC bekerja kooperatif dengan Gereja Katolik Roma.
 
Sekum WCC sekarang ini adalah Pdt Dr Olav Fykse Tveit, dari Gereja Lutheran Norwegia.

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home