Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:07 WIB | Sabtu, 30 Juli 2022

Kongres AS Minta Eropa Menunjuk Seluruh Hizbullah sebagai Kelompok Teroris

Kongres juga mengeluarkan resolusi untuk membongkar jaringan narkotika rezim Bashar Al-Assad, yang memproduksi Captagon.
Kongres AS Minta Eropa Menunjuk Seluruh Hizbullah sebagai Kelompok Teroris
Pejuang Hizbullah mengibarkan bendera partai selama acara untuk memperingati serangan bunuh diri terhadap pasukan Israel di Lebanon selatan. (Foto: dok. AFP)
Kongres AS Minta Eropa Menunjuk Seluruh Hizbullah sebagai Kelompok Teroris
Bea Cukai Dubai, UEA, menyita hampir 5.000 pil Captagon, amfetamin yang sangat adiktif, di negara itu tahun lalu, kata badan pemerintah kepada Al Arabiya. (Foto: dok.Bea Cukai Dubai)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Komite Urusan Luar Negeri Kongres Amerika Serikat (HFAC) mengeluarkan sebuah tindakan yang menyerukan Uni Eropa untuk menunjuk Hizbullah sebagai kelompok teror secara keseluruhan.

Anggota parlemen di komite juga mengeluarkan resolusi terpisah yang menyerukan pemerintah Amerika Serikat untuk membongkar jaringan narkotika rezim Bashar Al-Assad, khususnya Captagon, stimulan jenis amfetamin.

Resolusi tersebut, yang sekarang akan diputuskan oleh Kongres, memuji dan menyatakan dukungan untuk kelanjutan, peningkatan kerja sama antara AS dan UE dalam menggagalkan kegiatan kriminal dan teroris Hizbullah.

AS juga meminta UE untuk memberikan sanksi kepada teroris yang berafiliasi dengan Hizbullah bersama-sama dengan AS. Resolusi tersebut “mendesak Uni Eropa untuk menunjuk Hizbullah secara keseluruhan sebagai organisasi teroris dan meningkatkan tekanan pada kelompok tersebut.”

Tekanan pada kelompok tersebut akan mencakup kerja sama lintas batas yang lebih baik antara anggota Uni Eropa dalam memerangi Hizbullah, mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap anggota dan pendukung aktif kelompok tersebut, membekukan aset Hizbullah di Eropa dan melarang kegiatan penggalangan dana untuk mendukungnya.

Washington telah bekerja untuk mengisolasi dan menekan Hizbullah yang didukung Iran selama bertahun-tahun, tetapi Eropa, khususnya Prancis, telah menahan oposisi terpadu. Istana Elysee terus membedakan antara apa yang disebut sayap militer dan politik Hizbullah.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa negara di Teluk, Amerika Selatan dan Tengah, dan Eropa telah menunjuk Hizbullah secara keseluruhan sebagai organisasi teroris.

Kelompok tersebut, yang dibentuk pada tahun 1982 oleh Iran untuk memerangi Israel di Lebanon, terus memperluas kekuatannya di seluruh wilayah dan mengelola gudang senjata dan rudal balistiknya.

AS menetapkan Hizbullah sebagai kelompok teroris pada tahun 1997. Organisasi Jihad Islam (IJO) Hizbullah bertanggung jawab atas salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan AS di tanah asing dan melakukan beberapa pemboman terhadap marinir AS, kata Kedutaan Besar AS dan Kedutaan Besar AS di Lebanon.

Captagon dan Bashar al-Assad

Perdagangan narkotika, terutama yang terkait dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad, juga menjadi sasaran dalam tindakan terpisah pekan ini.

Sebagian besar Captagon diproduksi di Suriah dan Lebanon dan diselundupkan ke pasar konsumen utamanya di Teluk.

HFAC memberikan suara pada langkah tersebut yang memerlukan strategi oleh pemerintah AS "untuk mengganggu dan membongkar perdagangan Captagon dan jaringan narkotika Bashar al-Assad di Suriah."

"Undang-Undang Penanggulangan Perdagangan dan Pengumpulan Narkotika Proliferasi Assad" atau "Undang-Undang CAPTAGON" akan membutuhkan sekretaris Pertahanan, Negara, Keuangan AS, Administrasi Penegakan Narkoba dan Direktur Intelijen Nasional AS untuk mengembangkan cara untuk membongkar produksi dan peredaran narkotika.

Anggota Kongres, French Hill, memuji pengesahan Captagon Act. "Obat-obatan ini tidak hanya melumpuhkan penduduk lokal, mereka juga berfungsi untuk menyulut permusuhan dan membiayai rezim Assad dan kelompok-kelompok yang didukung Iran di kawasan itu," kata Hill dalam sebuah pernyataan.

“Pemerintah AS harus melakukan semua yang bisa dilakukan untuk mengganggu produksi obat tingkat industri yang saat ini terjadi di Suriah.”

Pemimpin Partai Republik di HFAC mengatakan, perdagangan Captagon secara langsung merusak sanksi AS dan internasional terhadap rezim Assad. “Pemerintah perlu mengembangkan dan menerapkan rencana untuk menghentikan produksi dan perdagangan obat-obatan ini,” kata McCaul.

Metode dapat mencakup dukungan diplomatik dan intelijen dengan membantu dan melatih layanan penegakan hukum di negara-negara selain Suriah, tempat Captagon sedang transit.

Jika disahkan, pemerintah AS akan diminta untuk mengembangkan cara yang dapat memanfaatkan kerja sama dengan mitra internasional untuk mengganggu infrastruktur narkotika rezim Assad.

Resolusi itu juga menyerukan strategi untuk memobilisasi “kampanye komunikasi publik untuk meningkatkan kesadaran akan sejauh mana hubungan rezim Al-Assad dengan perdagangan gelap narkotika.”

Kedua langkah tersebut disahkan sebagai bagian dari pemungutan suara blok yang lebih besar yang tidak ditentang oleh anggota parlemen HFAC. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home