Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:15 WIB | Jumat, 11 November 2022

Kontak Senjata Militer Filipina dan Pemberontak MILF, Tujuh Tewas

Tentara memberi isyarat di atas truk militer saat mereka dikerahkan ke desa-desa terpencil di Jolo, Sulu Filipina selatan pada 17 Oktober 2014. (Foto: dok. Reuters)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Tujuh orang tewas dalam pertempuran antara militer Filipina dan pemberontak di selatan negara itu, kata pihak berwenang hari Kamis (10/11), dalam salah satu bentrokan paling mematikan sejak pakta perdamaian ditandatangani pada tahun 2014.

Pertempuran yang sedang berlangsung pecah pada hari Selasa (8/11) di Provinsi Basilan, di lepas pulau utama selatan Mindanao, menyusul apa yang dikatakan militer sebagai "miskomunikasi" antara tentaranya dan anggota Front Pembebasan Islam Moro (MILF).

Selama beberapa dekade Filipina yang mayoritas Katolik telah diganggu oleh pemberontakan kekerasan, termasuk pemberontakan separatis yang dipimpin Muslim yang telah menewaskan lebih dari 100.000 orang.

Kesepakatan damai dengan MILF, kelompok pemberontak terbesar, ditandatangani pada tahun 2014. Dan para pemimpinnya sekarang memimpin daerah yang memiliki pemerintahan sendiri di bekas medan perang yang mencakup Basilan, saat proses pelucutan senjata dari 40.000 pejuang MILF berlanjut.

Pejabat pemerintah dan mantan pemberontak yang sekarang memimpin pemerintahan transisi di Daerah Otonomi Bangsamoro di Mindanao Muslim telah menyatakan keprihatinan atas bentrokan terbaru.

Penasihat perdamaian presiden dan mantan kepala militer, Carlito Galvez, mengatakan dia “sangat prihatin” dan upaya sedang dilakukan di lapangan untuk meredakan ketegangan.

"Kami tidak dapat membiarkan insiden terbaru di Basilan ini meniadakan pencapaian besar yang telah kami usahakan selama bertahun-tahun," kata Galvez dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter, hari Kamis.

Ketua perunding MILF, Mohagher Iqbal, mengatakan gejolak itu “disayangkan” dan menyerukan penghentian segera pertempuran untuk mencegah situasi “meningkat.”

Militer mengatakan pertempuran meletus setelah tentara dan pejabat lokal pergi untuk menghadapi sekelompok anggota bersenjata MILF yang terlihat memasuki desa Ulitan yang bertentangan dengan perjanjian damai.

Brigadir Jenderal Domingo Gobway mengatakan seorang pemberontak MILF menembak tentara, memicu bentrokan.

Sedikitnya tiga tentara dan empat pemberontak tewas, menurut angka terpisah yang diberikan oleh militer dan MILF. Empat belas tentara dan tiga pemberontak terluka. Namun pertempuran berlanjut pada hari Kamis, kata Gobway.

Bentrokan seperti itu antara militer dan MILF jarang terjadi sejak penandatanganan perjanjian damai, kata Georgi Engelbrecht, analis senior untuk pemantau perdamaian International Crisis Group yang berbasis di Brussels.

Insiden paling mematikan terjadi pada tahun 2015 ketika 44 pasukan komando polisi dibunuh oleh pemberontak Muslim, termasuk MILF, dalam serangan anti teror di kota Mamasapano di wilayah selatan.

Engelbrecht mengatakan sementara ada “banyak tantangan dan kesulitan” dalam membuat kesepakatan damai telah berhasil, pertarungan terakhir ini tidak akan menggagalkannya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home