Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:46 WIB | Minggu, 15 Maret 2015

Korban Bom di Gereja Pakistan Menjadi 14 Meninggal 80 Cedera

Korban luka-luka dibawa ke rumah sakit setelah dua ledakan bom yang dilaporkan disebabkan oleh pembom bunuh diri. Bom meledak di dekat dua gereja di Lahore, Pakistan pada hari Minggu, 15 Maret 2015. (Foto: asia news network)

LAHORE, SATUHARAPAN.COM - Korban ledakan bom bunuh diri di halaman dua gereja di Lahore Pakistan pada Minggu (15/3) saat kebaktian berlangsung menjadi 14 orang meninggal dan 80 lainnya luka-luka. Saksi mata mengatakan tindakan cepat penjaga keamanan telah mencegah lebih banyak korban.

Sebuah kelompok sempalan Taliban Pakistan mengaku bertanggung jawab melakukan peledakan itu.

Polisi mengatakan dua ledakan hanya berselang beberapa menit di dua gereja sasaran, satu gereja Kristen Protestan dan satu gereja Katolik yang jaraknya berdekatan.

Sesaat setelah ledakan, warga yang marah menangkap dan membakar dua tersangka, kata polisi. 

"Saya sedang duduk di sebuah toko dekat gereja ketika ledakan mengguncang. Saya segera menuju lokasi dan melihat perkelahian satpam dengan seorang pria yang mencoba masuk ke gereja, setelah gagal, ia meledakkan dirinya, "kata saksi mata, Amir Masih. "Aku melihat bagian tubuhnya melayang di udara."

Penjaga itu meninggal juga, kata Masih.

Tidak jelas apakah ledakan pertama juga dipicu juga oleh pembom bunuh diri, kata Masih. Setidaknya 10 orang tewas dan 55 luka-luka, kata Khawaja Rafiq, pejabat kesehatan provinsi.

Jamaah-ul-Ahrar faksi Taliban telah mengaku bertanggung jawab. Setelah ledakan itu, warga marah menangkap dua orang yang mereka dicurigai terlibat, kata seorang pejabat polisi. Sedangkan wartawan Riaz Ahmed mengatakan ia melihat dua mayat dibakar di tengah jalan.

Selama dekade terakhir militan di Pakistan terus meningkatkan penyerangan pada orang-orang Kristen dan agama minoritas lainnya. Banyak yang menyalahkan pemerintah karena kurang melindungi kelompok minoritas tersebut. Warga Kristen Pakistan jumlahnya kurang dari dua persen dari sekitar 180 juta penduduk Pakistan.

Lahore adalah ibu kota Punjab, provinsi Pakistan terkaya dan paling padat penduduknya dan jantung politik Perdana Menteri Nawaz Sharif.

Kota ini umumnya dianggap lebih damai dibandingkan dengan daerah lain di Pakistan, namun kekerasan di sana semakin meningkat setelah upaya pemerintah gagal dalam pembicaraan damai dengan Taliban tahun lalu. (reuters.com)

 

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home