Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:31 WIB | Rabu, 22 Juli 2015

Serangan Udara AS Tewaskan Pimpinan Kelompok Terkait Al-Qaeda

Amerika Serikat menawarkan imbalan bagi yang memiliki informasi mengenai Muhsin al-Fadhli. (Foto: Reuters)

SURIAH, SATUHARAPAN.COM – Sebuah serangan udara Amerika Serikat dilaporkan menewaskan Muhsin al-Fadhli, pemimpin Kuwait dari kelompok Khorasan yang terkait dengan al-Qaeda dan beroperasi di Suriah.

Al-Fadhli terkena serangan udara AS pada 8 Juli saat bepergian di sekitar wilayah Sarmada di Suriah, kata seorang juru bicara Pentagon.

Kapten Angkatan Laut AS Jeff Davis mengatakan al-Fadhli adalah salah satu pemimpin al-Qaeda yang sudah diketahui sebelum serangan 9/11.

Al-Fadhli juga dikabarkan sudah menjadi target dalam serangan AS September lalu.

Beberapa laporan terdahulu sempat menyebutkan al-Fadhli tewas dalam serangan sebelumnya, yang berlangsung di barat kota Suriah Aleppo.

Tidak banyak yang diketahui tentang kelompok Khorasan sampai militer AS mengklaim telah membom fasilitas-fasilitas milik kelompok tersebut September lalu.

Para pejabat AS mengatakan pemimpin kelompok Khorasan dikirim ke Suriah oleh pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri, dalam rangka merekrut pejihad dengan paspor dari negara Barat untuk misi pengeboman.

Para militan diduga telah mengasosiasikan diri mereka dengan afiliasi al-Qaeda Suriah, Front al-Nusra, dan beroperasi dari tempat perlindungan kelompok tersebut.

Departemen Luar Negeri AS telah menawarkan USD 7 juta (Rp 93 miliar) untuk informasi yang mengarah ke penangkapan al-Fadhli atau kematiannya.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home