Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:55 WIB | Jumat, 28 April 2023

Korlantas Polri: 55,8% Kendaraan Mudik Belum Kembali ke Jakarta

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, memperkirakan masih sekitar 55,8 persen kendaraan pemudik belum kembali ke Jakarta. Data tersebut sesuai dengan pemantauan selama arus balik lebaran 2023.

“55,8% yang belum pulang,” kata Firman di Gerbang Tol Cikampek Utama, Kamis (27/4/2023).

Selain itu, Firman juga mengatakan hingga kini arus lalu lintas pada arus balik lebaran 2023 masih terbilang lancar. Dengan berbagai skema arus lalu lintas yang dilakukan mulai dari one way sampai contra flow.

“Sampai hari ini kita dapat melihat bahwa pergerakan kendaraan yang menuju Jakarta boleh kami katakan sebagai sesuatu kelancaran yang kita harapkan. Tentunya kelancaran yang diharapkan ini tetap diimbangi dengan tetap waspada tidak terburu-buru ingin sampai,” katanya.

Firman mengimbau agar masyarakat bisa memilih hari kepulangannya supaya tidak terpusat pada hari yang sama.

“Kami mengimbau masih ada empat atau lima hari ke depan sampai di tanggal 1 (Mei), itu pilihan warga masyarakat betul-betul di hari mana (akan kembali dari mudik). Sebaiknya tidak bergabung di titik-titik puncak (arus balik),” katanya.

Dia juga menuturkan kondisi lalu lintas di Jakarta dengan mobilitas masyarakat sudah mulai meningkat. Lantaran, masih adanya warga yang baru selesai mudik turut silaturahmi ke sanak saudara yang terdekat. Hal itu bisa membuat adanya kepadatan arus lalu lintas hingga membuat kemacetan.

“Masyarakat masih ada pergerakan setelah sampai di Jakarta dilanjutkan dengan kegiatan silahturahmi di Jakarta ke Bandung, Bogor. Nah ini juga akan dialami oleh kita semua yang nanti akan menyelesaikan waktu libur kita pada saat tanggal 1,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home