Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 21:23 WIB | Jumat, 22 November 2013

Korut Didesak Bebaskan Warga Amerika Serikat

Merrill E Newman, veteran Perang Korea berusia 85 tahun yang ditahan Korea Utara. (Foto: BBC)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM – Para pejabat Amerika Serikat mendesak Korea Utara untuk membebaskan Merrill E Newman, warga Amerika Serikat, menyusul laporan bahwa veteran Perang Korea berusia 85 tahun itu telah ditahan di negara itu.

Putranya, Jeffrey, menuturkan, Newman diturunkan dari pesawat oleh sejumlah petugas berseragam bulan lalu. Newman hendak meninggalkan Korea Utara saat itu setelah mengikuti paket wisata berpemandu.

Menurut Jeffrey, Merrill Newman bepergian ke Korea Utara bersama seorang teman. Mereka mengikuti program wisata yang dioperasikan oleh biro perjalanan yang mengantongi izin dari Pemerintah Korea Utara untuk menyelenggarakan tur bagi turis asing. Newman tertarik dengan kebudayaan Korea Utara.

Selain Newman, Korea Utara juga menahan warga Amerika Serikat, Kenneth Bae, sejak November 2012.

Wakil Khusus Amerika Serikat untuk Kebijakan Korea Utara Glyn Davies mengatakan, "Kami menyerukan kepada Korea Utara, sama dengan kasus Kenneth Bae, untuk menyelesaikan masalah ini dan membebaskan warga negara kami."

Amerika Serikat secara resmi belum mengukuhkan penangkapan Merrill Newman, tetapi Glyn Davies mengisyaratkan  Washington menjalin kontak dengan para diplomat Swedia, yang mewakili kepentingan Amerika di Pyongyang. (BBC/VOA)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home