Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 13:24 WIB | Sabtu, 17 Desember 2022

Kota Betlehem di Palestina Bangkit Menjelang Libur Natal

Kota Betlehem di Palestina Bangkit Menjelang Libur Natal
Warga Palestina mengunjungi Manger Square yang dihias menjelang Natal, di luar Gereja Kelahiran, yang secara tradisional diyakini oleh umat Kristiani sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus, di kota Bethlehem, Tepi Barat, Minggu, 27 November 2022. (Foto-foto: AP/ Mahmoud Illean)
Kota Betlehem di Palestina Bangkit Menjelang Libur Natal
Pedagang Palestina menunggu klien di samping pohon Natal di Manger Square, bersebelahan dengan Gereja Kelahiran, yang secara tradisional diyakini oleh umat Kristiani sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus, menjelang Natal, di kota Bethlehem.
Kota Betlehem di Palestina Bangkit Menjelang Libur Natal
Seorang perempuan Etiopia dan anaknya mengunjungi Gereja Kelahiran, yang secara tradisional diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus Kristus, di kota Bethlehem, Tepi Barat, Sabtu, 3 Desember 2022.

BETHLEHEM, SATUHARAPAN.COM-Bisnis bangkit kembali di Bethlehem setelah dua tahun lesu selama pandemi virus corona, mengangkat semangat di tempat kelahiran Yesus menjelang liburan Natal.

Jalanan ramai dengan rombongan tur. Hotel sudah penuh dipesan, dan berbulan-bulan pertempuran mematikan antara Israel-Palestina tampaknya tidak banyak berpengaruh pada industri pariwisata yang vital.

Elias Arja, kepala asosiasi hotel Bethlehem, mengatakan bahwa wisatawan sangat ingin mengunjungi tempat-tempat keagamaan di Tanah Suci setelah mengalami lockdown dan pembatasan perjalanan dalam beberapa tahun terakhir. Dia berharap rebound akan berlanjut hingga tahun depan.

“Kami berharap tahun 2023 akan booming dan bisnis akan menjadi sangat baik karena seluruh dunia, dan terutama turis religius Kristen, mereka semua ingin kembali ke Tanah Suci,” kata Arja, pemilik Bethlehem Hotel.

Baru-baru ini, lusinan kelompok dari hampir setiap benua berpose selfie di depan Gereja Kelahiran Yesus, yang dibangun di atas gua tempat orang Kristen percaya bahwa di situ Yesus dilahirkan. Sebuah pohon Natal raksasa berkilauan di Manger Square yang berdekatan, dan turis berkerumun di toko-toko untuk membeli salib kayu zaitun dan suvenir lainnya.

Natal biasanya merupakan musim puncak pariwisata di Bethlehem, yang terletak di Tepi Barat yang diduduki Israel hanya beberapa mil di tenggara Yerusalem. Di masa pra pandemi, ribuan peziarah dan turis dari seluruh dunia datang untuk merayakannya.

Namun angka tersebut anjlok selama pandemi. Meskipun pariwisata belum pulih sepenuhnya, rombongan pengunjung merupakan peningkatan yang disambut baik dan tanda yang menggembirakan.

“Kota ini menjadi kota hantu,” kata Saliba Nissan, berdiri di samping palungan selebar 1,3 meter  di dalam Bethlehem New Store, pabrik kayu zaitun yang dia miliki bersama saudaranya. Toko itu dipenuhi orang Amerika dalam tur bus.

Karena orang Palestina tidak memiliki bandara sendiri, sebagian besar pengunjung internasional datang melalui Israel. Kementerian Pariwisata Israel memperkirakan sekitar 120.000 turis Kristen selama pekan Natal.

Itu sebanding dengan rekor tertinggi sepanjang masa sekitar 150.000 pengunjung pada tahun 2019, tetapi jauh lebih baik daripada tahun lalu, ketika langit negara itu ditutup untuk sebagian besar pengunjung internasional. Seperti yang telah dilakukan di masa lalu, kementerian berencana menawarkan bus antar-jemput khusus antara Yerusalem dan Betlehem pada Malam Natal untuk membantu pengunjung bolak-balik.

“Insya Allah, kami akan kembali tahun ini ke keadaan sebelum virus corona, dan menjadi lebih baik lagi,” kata Wali kota Bethlehem, Hanna Hanania.

Dia mengatakan sekitar 15.000 orang menghadiri penyalaan pohon Natal Bethlehem baru-baru ini, dan bahwa delegasi internasional, artis dan penyanyi semuanya diharapkan untuk berpartisipasi dalam perayaan tahun ini.

“Pemulihan telah dimulai secara signifikan,” katanya, meskipun kekerasan baru-baru ini, dan pendudukan Israel yang sedang berlangsung di Tepi Barat, selalu memiliki pengaruh pada pariwisata.

Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967. Otoritas Palestina yang diakui secara internasional memiliki otonomi terbatas di beberapa bagian wilayah, termasuk Bethlehem.

Musim Natal tiba di penghujung tahun berdarah di Tanah Suci. Sekitar 150 warga Palestina dan 31 warga Israel tewas dalam pertempuran Israel-Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem timur tahun ini, menurut angka resmi, menjadikan tahun 2022 sebagai tahun paling mematikan sejak 2006.

Israel mengatakan sebagian besar warga Palestina yang tewas adalah militan, pemuda yang  melemparkan batu dan beberapa orang yang tidak terlibat dalam kekerasan juga telah dibunuh.

Pertempuran, sebagian besar terkonsentrasi di Tepi Barat utara, mencapai daerah Bethlehem awal bulan ini, ketika tentara Israel membunuh seorang remaja di kamp pengungsi Deheishe di dekatnya. Warga Palestina mengadakan aksi mogok satu hari di Bethlehem untuk memprotes pembunuhan itu.

Penduduk, bagaimanapun, tampaknya bertekad untuk tidak membiarkan pertempuran meredam keceriaan Natal.

Bassem Giacaman, generasi ketiga pemilik Blessing Gift Shop, yang didirikan pada 1925 oleh kakeknya, mengatakan pandemi jauh lebih menghancurkan bisnisnya daripada kekerasan dan ketegangan politik.

Diselimuti serbuk gergaji dari ukiran patung-patung kayu zaitun, perhiasan dan simbol-simbol keagamaan, dia mengatakan butuh waktu bertahun-tahun untuk pulih. Dia pernah memiliki 10 orang yang bekerja untuknya. Hari ini, dia mempekerjakan setengah dari jumlah itu, terkadang kurang, tergantung permintaan.

“(Situasi) politik memang berpengaruh, tapi tidak ada yang besar,” kata Giacaman. “Kami sudah mengalaminya selama 60-70 tahun, dan berlangsung selama sebulan, lalu berhenti, dan turis kembali lagi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home