Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:26 WIB | Selasa, 04 Juli 2023

Kota New York Diserbu Kutu Daun

Foto yang disediakan oleh Andrew Jensen ini, kutu daun memakan tumbuhan berbunga asli yang disebut “prairie smoke” (Geum triflorum) di Idaho dekat Slate Creek di Hutan Nasional Nez-Perce pada 25 Mei 2013. Nama spesiesnya adalah Macrosiphum euphorbiae, juga dikenal sebagai "kutu kentang", yang berasal dari AS dan Kanada. Seolah-olah asap dan kabut yang menyapu dari kebakaran di Kanada belum cukup, beberapa bagian Kota New York dipenuhi kutu daun. (Foto: Andrew Jensen via AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Pada saat Martin DuPain kembali ke rumah dari jalan-jalan singkat pada hari Kamis sore, dia diselimuti oleh makhluk-makhluk terbang kecil. Mereka ada di rambutnya, di bajunya dan di hidungnya. Saat dia bersin, serangga-serangga itu terbang keluar.

Bagaikan asap dan kabut dari kebakaran hutan di Kanada dirasa masih kurang, sekarang Kota New York, Amerika Serikat diserbu dalam beberapa hari terakhir dengan gumpalan serangga terbang yang telah menjadi gangguan sekaligus sumber daya tarik: apa mereka, di mana mereka berasal dan akankah mereka pergi? Apakan ini ekspor Kanada lain yang tidak diinginkan?

Awalnya, DuPain, yang tinggal di Queens, mengira itu mungkin abu yang terbawa angin, tetapi dia segera menemukan sebaliknya. Beberapa hidup dan terbang. Dia segera melompat ke kamar mandi.

Adegan yang mengejutkan itu tidak lebih dari "bencana natural", menyindir sebuah posting di Twitter, yang telah ramai dengan laporan tentang kawanan serangga di beberapa lingkungan, sementara yang lain tetap bebas dari serangga.

Saat mereka memasuki awan serangga, beberapa orang mencoba mengusir mereka. Yang lain menutup mulut dan hidung mereka. Yang lain memakai masker bedah sebelum bertualang di luar ruangan.

Profesor David Lohman, ahli entomologi di City University of New York, belum pernah melihat serangga itu sendiri, tetapi dia menyimpulkan dari foto dan video yang beredar di media sosial bahwa mereka adalah kutu daun bersayap, bukan agas, seperti yang diasumsikan oleh ahli serangga amatir.

Kutu daun biasa terjadi di seluruh Amerika Serikat, bahkan di New York City. Mereka adalah serangga kecil berbentuk buah pir yang memiliki berbagai warna, dari hijau, merah dan kuning hingga hitam, coklat dan abu-abu.

Meskipun dia bukan ahli kutu, dan hanya ada sedikit, Lohman mengatakan kawanan itu tidak biasa, mengingat kutu daun biasanya tidak muncul di New York City sampai setelah musim panas. Dia berteori bahwa suhu musim dingin yang hangat mungkin berkontribusi dengan menyebabkan jam biologis serangga mati.

Pada hari Jumat, Lohman mencari pakar yang dapat membantu. “Kutu daun terbang setiap saat di musim tanam,” tulis Natalie Hernandez, spesialis kutu daun, dalam email ke Lohman. “Jika sebuah koloni menjadi terlalu besar, terlalu padat, ia akan menghasilkan morf bersayap untuk dibubarkan.”

Kebakaran hutan di Kanada dan suhu ekstrem “bisa juga mengacaukannya,” tambahnya. Teori itu terdengar masuk akal bagi Andy Jensen, peneliti kutu lainnya.

“Asap mungkin membuat kutu daun tetap berlimpah lebih lama di musim panas dari biasanya,” kata Jensen. "Banyak kutu daun memperlambat atau menghentikan reproduksi di musim panas."

Apa pun penyebabnya, kata Departemen Kesehatan Masyarakat kota, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Meskipun ini mungkin mengganggu, serangga ini tidak menimbulkan risiko kesehatan masyarakat yang diketahui," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan Jumat (30/6). "Kami sedang menyelidiki kutu ini dan akan membagikan informasi kesehatan yang penting."

Pakar serangga mengatakan kawanan itu tidak akan bertahan lebih lama, yang melegakan bagi Jeremy Cohen, yang sedang mengendarai sepedanya di Brooklyn ketika dia merasa seolah-olah dilempari hujan es.

Kadang-kadang, dia mengemudikan sepedanya dengan satu tangan dan menggunakan tangan lainnya untuk menutup mulut dan hidungnya.

“Saya tahu kualitas udaranya buruk, jadi saya berasumsi itu adalah debu dari kebakaran hutan yang beterbangan, yang menurut saya gila,” kata Cohen, seorang fotografer profesional. “Kemudian saya perlahan menyadari ada segerombolan serangga yang beterbangan.”

Sementara beberapa orang menganggap serangga itu mengganggu, kehadiran begitu banyak serangga membuat Lohman senang.

“Munculnya semua kutu daun ini menandakan sesuatu yang hebat: New York itu organik!” dia berkata. “Jika penggunaan pestisida tersebar luas, kutu daun tidak akan sebanyak ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home